Mohon tunggu...
Bagus Pratama
Bagus Pratama Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Ini Bahayanya Tidur dengan Ponsel

27 Desember 2016   00:35 Diperbarui: 27 Desember 2016   01:25 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Ini bahayanya tidur bersama sahabat sejati

Saat ini ponsel telah menjadi sahabat paling setia menemani kita semua. Dimanapun kita berada disitu ada ponsel. Bisa dikatakan di zaman sekarang ini tak ada seseorang yang tidak memiliki ponsel. Dari ponsel merk termurah hingga termahal semua orang pasti memiliki. Ponsel telah berubah dari barang mewah yang dulunya hanya beberapa orang saja yang mampu memilikinya, namun sekarang pun anak – anak usia sekolah dasar memiliki ponsel. Ditambah dengan aplikasi berbau game pasti semua anak – anak pasti mempunyai ponsel.

Sebagai sahabat kita semua ponsel telah banyak membantu untuk memudahkan berkomunikasi tuan nyonya dengan orang lain. Namun meskipun sebagai sahabat sejati kita semua ponsel juga menyimpan bahaya tersendiri yang tidak disadari oleh pemiliknya. Apalagi tak jarang pemilik ponsel saat ini disaat kita semua tidur si ponsel pun juga berada di sampingnya. Seperti halnya sahabat sejati kemanapun kita pasti ada sahabat didekatnya.

Ponsel memiliki pancaran radiasi tinggi yang tak kasat mata, hal ini menyebabkan seseorang tidak menyadari akan bahayanya. Menurut para ilmuan radiasi ponsel bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia, yang akhirnya dapat menyebabkan kanker atau tumor.Tidur adalah waktu untuk mengisi tenaga, jika tidur anda tidak mampu mengisi tenaga anda, maka hari-hari anda tidak akan maksimal beraktivitas. Oleh karena itu tidur bersama teman sejati ada baiknya bila kebiasaan tidur di dekat sahabat sejati atau ponsel mulai saat iti anda bisa menghilangkan kebiasan itu.

Berikut dampak negatif tidur satu keranjang bersama sahabat sejati atau ponsel:

Terbakar dan meledak

Media massa seperti televise dan surat kabar pernah memberitakan kasus ponsel meledak dan terbakar ketika si pemiliknya sedang tertidur pulas hingga melukainya. Kejadian tersebut terjadi karena seringkali pemilik ponsel tertidur didekat ponsel yang sedang di cas dan ketika daya baterai ponsel sudah penuh lupa untuk mencabutnya. Maka ponsel akan menjadi panas dan bisa sampai terjadi korsleting dapat membuatnya meledak hingga terbakar.

Menyebabkan sakit kepala

Ini pengalaman saya. Saya sering kali memainkan ponsel dimalam hari. Tak sadar saya berlarut larut setiap hari memainkan ponsel dan dapat membuat saya tak bisa tidur dengan nyenyak entah karena asyik memainkan permainan, menelpon ria dengan si doi, sibuk membalas pesan atau membaca informasi-informasi dari internet. Suatu saat saya keseringan main ponsel dengan radiasi ponsel yang memantul ke mata saya disitu saya sering merasa sakit kepala dan mual mual. Dan akhirnya saya cekup kedokter dan dokter mengatakan kalo saya mengidap penyakit vertigo. Disitu saya tidak bisa menggunakan ponsel kembali hingga berlarut larut dan saya disaat melihat cahaya lampu atau cahaya apapun yang sangat terang mata saya merasa lelah dan tidak kuat hingga akhirnya vertigo atau sakit kepala saya kambuh.

Penglihatan terganggu

Pengalaman saya juga, dengan berlama lama melihat layar ponsel bisa mengakibatkan penglihatan kita terganggu. Dulu mata saya normal, dan kini mata saya terganggu hingga menyebabkan mata saya minus. Dengan ini penglihatan saya terganggu karena terlalu lama melihat layar ponsel dan berlarut larut memainkan hp.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun