Mohon tunggu...
Taufiq Ariefianto
Taufiq Ariefianto Mohon Tunggu... Guru - Guru TIK SMA Negeri 3 Purwokerto

Dapatkan juga tulisan kami di https://babehopiq76.blogspot.com/ dan video dari kami di https://www.youtube.com/channel/UCFnbiRF9h_OQRSLsoMcyzVw serta medsos kami di https://instagram.com/taufiq.ariefianto?igshid=YmMyMTA2M2Y= dan https://www.facebook.com/taufiq.ariefianto

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 3 Purwokerto - Chapter 1

2 Oktober 2022   07:45 Diperbarui: 2 Oktober 2022   07:54 283 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gerakan Literasi SMA Negeri 3 Purwokerto | Sumber Gambar/Illustrasi Modifikasi oleh Babeh Opiq 76

Kerabat pembaca yang budiman dan yang berbahagia, kita bertemu kembali dengan artikel kali ini kami akan bahas tentang mengenai tujuan dan prinsip-prinsip pelaksanaan gerakan literasi sekolah yang sudah dilaksanakan di SMA Negeri 3 Purwokerto.

Gerakan literasi sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai sebuah lembaga pembelajar yang warganya terlibat aktif dalam kegiatan literasi sepanjang hayat melalui pelibatan publik. untuk artikel yang sudah kami buat, ini kami bagi menjadi 3 chapter tanpa mengurangi esensi utama materinya.

Pembacaan Kitab Suci | Sumber Gambar/Illustrasi Tim Pendamping Akademik SMA Negeri 3 Purwokerto
Pembacaan Kitab Suci | Sumber Gambar/Illustrasi Tim Pendamping Akademik SMA Negeri 3 Purwokerto

Gerakan literasi sekolah dikembangkan berdasarkan sembilan agenda prioritas sebagaimana tercantum dalam butir Nawacita.

Beberapa butir Nawacita yang berkaitan dengan gerakan literasi sekolah yang dimaksudkan adalah (5) meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia; (6) meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya; (8) melakukan revolusi karakter bangsa; (9) memperteguh kebinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia. 

Dimana empat butir Nawacita yang tersebut itu berkaitan erat dengan komponen literasi sebagai modal pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, produktif dan berdaya saing, berkarakter, serta nasionalis.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya | Sumber Gambar/Illustrasi Tim Pendamping Akademik SMA Negeri 3 Purwokerto
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya | Sumber Gambar/Illustrasi Tim Pendamping Akademik SMA Negeri 3 Purwokerto

Untuk melaksanakan kegiatan gerakan literasi sekolah, maka diperlukan adanya suatu program yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari Grand Design Gerakan Literasi Sekolah (2016). 

Dengan diterbitkannya buku program gerakan literasi sekolah ini yang berisikan penjelasan pelaksanaan kegiatan literasi yang terbagi menjadi tiga tahap, yakni: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran beserta langkah-langkah operasional pelaksanaan dan pelaksanaan praktis instrumen penyertanya yang akan dilaksanakan di SMA Negeri 3 Purwokerto.

Kepala SMA Negeri 3 Purwokerto - Joko Budi Santosa, S.Pd | Sumber Gambar/Illustrasi Tim Kreator P5 SMA Negeri 3 Purwokero
Kepala SMA Negeri 3 Purwokerto - Joko Budi Santosa, S.Pd | Sumber Gambar/Illustrasi Tim Kreator P5 SMA Negeri 3 Purwokero

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan