Mohon tunggu...
Elsa Hasta Rita
Elsa Hasta Rita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Unisa Yogyakarta dalam Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19

25 Juli 2022   20:25 Diperbarui: 25 Juli 2022   20:55 49 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media Sosial adalah sebuah media yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi dan berinteraksi secara virtual tanpa dibatasi oleh waktu.

Di era Pandemi seperti saat ini menyebabkan beberapa negara mengalami dampak merugikan tidak terkecuali negara kita tercinta Indonesia, tetapi Indonesia perlahan dapat mengatasi dampak dari Pandemi Covid19, salah satu cara yang di terapkan Indonesia adalah memberikan edukasi dan mengefektifkan kegiatan apapun dengan menggunakan media sosial, salah satu pemanfaatan dari media sosial di masa pandemi ini adalah kegiatan perkuliahan atau belajar mengajar. 

Salah satu Universitas yang cukup efektif dalam menggunakan media sosial sebagai kegiatan belajar mengajar adalah Unisa Yogyakarta. Hal tersebut yang dilakukan oleh Unisa Yogyakarta dalam melakukan kegiatan belajar mengajar atau kegiatan akademik lainnya. 

Adapun media sosial yang digunakan oleh Unisa Yogyakarta antara lain seperti WhatsApp, Zoom, Google Meet, Facebook, dan Instagram. Meskipun melakukan perkuliahan secara daring melalui sosial media tetapi tidak mengurangi efektifitas dan suasana sama halnya perkuliahan secara offline, karena Unisa Yogyakarta memiliki metode tersendiri dalam menjalankan perkuliahan secara online atau daring. 

Adapun metode yang dilakukan oleh Unisa Yogyakarta adalah sebagai berikut Pertama, Dengan membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan tugas untuk melakukan presentasi, dan mahasiswa di minta untuk menjelaskdan melakukan tanya jawab secara flexible. 

Sehingga akan muncul interaksi antar mahasiswa untuk mengurangi kebosanan, selain itu mahasiswa juga bisa menjelaskan isi dari materi sesuai pemahanan dan argument mereka dan keuntungan lainnya adalah kemampuan public speaking mahasuswa tetap terasah meskipun secara online.  

Kedua, Dengan memberikan materi dan ice breaking untuk mendinginkan suasana dari tegangnya perkuliahan, seperti games yang berkaitan dengan materi perkuliahan. 

Ketiga, Memberikan materi dengan kombinasi gambar dan penjelasan, jadi mahasiswa dapat lebih cepat memahami tentang materi yang diberikan. 

Keempat, Memberikan challenge berhadiah ke mahasiswa, jadi membuat antusiasme dari mahasiswa meningkat. 4 metode tersebut adalah metode yang diterapkan oleh Unisa Yogyakarta dalam melakukan perkuliahan hingga saat ini, semenjak awal munculnya pandemi di negeri ini Unisa Yogyakarta sudah melakukan melakukan metode tersebut untuk melakukan perkuliahan dan bisa dikatakan cara tersebut efektif karena tidak mengurangi kemampuan akademis dari mahasiswa, yang dimana banyak institusi pendidikan di daerah lain yang kemampuan akademis dari mahasiswa nya atau lulusannya berkurang, dengan alasan pandemi, padahal jika dilakukan dengan metode yang tepat dalam  melakukan kegiatan perkuliahan atau belajar mengajar maka pandemi tidak menjadi alasan untuk menghasilkan mahasiswa yang kompeten dan berkualitas. 

Adapun keuntungan dari adanya media sosial sebagai sarana untuk melakukan perkuliahan adalah pertama, orangtua dapat mengawasi dan memantau langsung perkembangan akademis dari anaknya, kedua dapat menjalin interaksi antara pendidik dan orangtua secara efiktif dan efisien.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan