Mohon tunggu...
AZNIL
AZNIL Mohon Tunggu... Koordinator Nasional Poros Benhil

Merdeka 100%

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Solusi Ancaman Krisis Pangan Ditengah Wabah Corona (1)

23 April 2020   20:23 Diperbarui: 28 April 2020   21:20 774 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Solusi Ancaman Krisis Pangan Ditengah Wabah Corona (1)
Foto Koleksi Pribadi

"Tulisan ini sengaja saya buat meskipun dianggap sampah. Setidak-tidaknya tulisan ini sebagai bukti bahwa ada anak bangsa yang juga ikut berteriak kencang untuk mengingatkan pemerintah atas adanya potensi besar ancaman krisis pangan disaat berjangkitnya wabah Corona, yang mana tidak bisa prediksi kapan berakhirnya. Tulisan ini juga menawarkan sebuah solusi ke Pemerintah tentang langkah-langkah extra ordinary yang terukur agar Indonesia selamat dari petaka krisis pangan."

Hoax atau Fakta Potensi Krisis Pangan?

Presiden pertama RI Soekarno pernah menegaskan, bahwa urusan pangan adalah urusan hidup mati rakyat. Dunia yang sekarang sedang dilanda wabah Corona, urusan pangan harus menjadi perhatian maha utama.  Dalam sejarah peradaban manusia mencatat bahwa disetiap ada peristiwa berjangkitnya wabah penyakit selalu diiringi terjadinya kelaparan.

Pertanyaan mendasar, apakah benar bahan pangan kita tetap terjamin aman sepanjang masa wabah Corona? Apakah berbagai komoditas bahan pangan masih tetap aman berproduksil untuk mengisi stok selanjutnya selama wabah berlangsung?

Jika 2 hal itu tidak ada masalah, ya sudah. Kita santai saja. Kita tidak usah kuatir apalagi panik akan terjadi krisis pangan. Pemerintah cukup fokus saja pada upaya penanganan jaminan sosial ke masyarakat yang terdampak wabah Corona.

Bagi rakyat yang kritis cukup mengkritisi, apakah metode program yang dibuat pemerintah sudah jitu dan penyalurannya sudah tepat, merata dan adil ke tengah masyarakat?

Silahkan, pemerintah tangkap-tangkapin masyarakat dan membredel media-media yang menganalisis Indonesia terancam krisis pangan. Kapan perlu kerahkan para buzzer untuk membully mereka sehina-hinanya dan  cap sebagai barisan sakit hati.

Jangan lupa juga,  pejabat pemerintah lakukan gugatan ke Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) yang telah menakuti-nakuti Presiden RI akan terjadi potensi krisis pangan dunia di bulan April dan Mei ini. FAO patut digugat karena telah melakukan fitnah keji, sementara pasokan bahan pangan Indonesia masih aman dan tidak akan terjadi krisis pangan seperti dihembuskan.

Jika tidak, mari kita jujur melihat ketahanan pangan Indonesia secara bersama demi menyelamatkan bangsa kita dari ancaman krisis pangan atas dampak wabah Corona yang telah merusak berbagai aspek fundamental kehidupan?

Ayo kita bedah satu per satu ketahanan pangan Indonesia dengan teliti lagi agar kita tidak salah melihat fakta dan tidak sesat mengambil tindakan. Jika salah buat keputusan, tak hayal petaka besar akan menimpa bangsa ini dalam masa wabah Corona.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
VIDEO PILIHAN