Mohon tunggu...
Azmila Putri
Azmila Putri Mohon Tunggu...

Mahasiswi STAI AL-ISHLAHIYAH Binjai

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

3 Tips Mendidik Anak Usia Remaja

28 Desember 2018   11:12 Diperbarui: 28 Desember 2018   11:24 185 1 0 Mohon Tunggu...

Banyak orang tua di luar sana yang khawatir akan menjaga anak nya dari pergaulan buruk di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah nya, karena orang tua tidak mungkin bisa mengawasi anak tersebut 24 jam. 

Apalagi disaat-saat anak mulai menginjak masa-masa remaja,  mereka akan mulai mencari jati diri.  Di sinilah peran orang tua sangat lah penting untuk mengawas dan menjaga anak kita agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif. 

Ada beberapa tips yang akan saya bagikan di bawah untuk para orang tua, dalam menjaga anak kita dari yang tidak kita inginkan. 

1.Jadilah Teman Anak

Maksud nya yaitu kita sebagai orang tua harus bisa menjadi teman sekaligus juga orang tua untuk anak.  Di saat anak butuh teman curhat kita datang sebagai teman ataupun sahabat bagi anak kita. Karena di usia remaja mereka lebih dekat dan nyaman kepada teman atau sahabat mereka. 

Dan disaat mereka butuh saran atau pendapat datang lah kita sebagai orang tua, tapi ingat kita datang sebagai orang tua bukan musuh bagi anak kita. 

2.Buat Anak Lebih Nyaman Di Rumah

Di masa remaja mereka biasa lebih suka menghabiskan waktu bermain di luar bersama teman-teman sekolah mereka maupun dengan sahabat mereka. 

Menurut saya banyak anak melakukan hal ini di karenakan mereka merasa tidak nyaman berada di dalam rumah, ada beberapa faktor yang membuat mereka tidak betah di rumah, salah satu nya mungkin anda sebagai orang tua terlalu cerewet terhadap anak.  Ini wajar dan biasa dilakukan oleh orang tua,  tapi ingat sebagai orang tua kita tidak boleh terlalu egois terhadap anak,  karena anak akan berpikir bahwa orang tua tidak sayang kepada anak nya. 

3.Tanamkan Nilai Moral dan Agama Dalam Diri Anak

Sudah kewajiban kita sebagai orang tua mendidik dan mengajarkan nilai-nilai agama dan moral kepada anak kita.  Dari usia dini kita sudah mengajarkan nilai agama agar anak patuh dan tunduh kepada agama dan yang menciptakannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x