Mohon tunggu...
azas tigor nainggolan
azas tigor nainggolan Mohon Tunggu... Pengacara - Advokat dan Analis Kebijakan Transportasi

Aktivis Perkotaan yang advokat dan Analis Kebijakan Transportasi

Selanjutnya

Tutup

Love

Bertemu Pastor Yan Djawa, SVD Setelah 30 Tahun Berpisah

22 Juli 2023   21:21 Diperbarui: 22 Juli 2023   21:28 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Bertemu Pastor Yan Djawa, SVD Setelah 30 Tahun Berpisah.

Petugas Komentator Misa tadi sore membuka dan menyampaikan bahwa misa Perpisahan Pastor Yohanes Antonius Lelaona, SVD akan dibawakan oleh empat orang Pastor. Terdengar oleh saya ada disebut nama Pastor Yan Djawa, SVD, Pastor senior SVD yang pernah bertugas di Paroki kami, Gereja St Yoseph Matraman, Jakarta Timur sekitar 35 tahun lalu. Langsung juga saya terbayang dengan acara pemberkatan dan pemberian Sakramen Perkawinan saya dan Tiarlin Apridawati Agatha 30 tahun di Gereja St Yoseph. Misa pernikahan kami 30 tahun lalu dibawakan oleh tiga orang pastor dan salah satunya adalah Pastor Yan Djawa, SVD yang ketika menjadi Pastor Kepala Paroki kami, Gereja St Yoseph Matraman.  

Pikiran saya di awal Misa tadi langsung ke peristiwa pemberkatan Sakramen Pernikahan kami 30 tahun bersama Pastor Yan Djawa, SVD dan kami berdua bertemu kembali dengan Pastor Yan Djawa, SVD di Gereja St Yoseph Matraman. Selesai Misa tadi ditutup, Pastor Yan Djawa langsung menghampiri saya dan Tiar dan mengatakan, "Bang Tigor, saya mendengar dan turut berduka atas wafatnya Bapak Nainggolan beberapa waktu lalu. Saya berdoa juga untuk Bapak Nainggolan. Apa kabar bang Tigor?". Kepada Tiar juga Pastor Yan Djawa, SVD menyapa dan bercerita, "saya teringat perjalanan ziarah saya ke Lourdees bersama Ibu dan Bapak Nainggolan ketika untuk mendoakan ibu dan bang Tigor dapat momongan". Pastor Yan Djawa, SVD memang dekat dengan almarhum bapak dan mamah saya. Kedua orang tua saya memang sangat aktif di gereja. 

Indahnya pertemuan kami setelah 30 tahun lamanya berpisah karena tidak lama kami menikah Pastor Yan Djawa, SVD berpindah tugas ke Flores, NTT. Senang sekali kami bisa bertemu dengan Pastor Yan Djawa, SVD yang baik hati dan Pastor yang murah senyum kepada siapa pun yang bertemu dengannya.  Dalam hati saya berdoa dan berbisik, "Tuhan beri kesehatan dan keselamatan kepada Pastor Yan Djawa, SVD yang baik ini. Temani dia  berkarya dalam panggilan serta berkatMU saja ya Tuhan Allah. Terima kasih Tuhan, kami masih bisa bertemu kembali dalam keadaan sehat semua walau sudah 30 tahun berpisah".  AMDG.

Astina, 22 Juli 2023.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun