Mohon tunggu...
Ayu Wulandari
Ayu Wulandari Mohon Tunggu... It's me

From here I know that to think without doing anything is empty

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kata Ajaib "Tolong, Maaf, dan Terima Kasih" Ajarkan Tata Krama Pada Anak

11 November 2019   00:07 Diperbarui: 11 November 2019   00:13 0 1 0 Mohon Tunggu...
Kata Ajaib "Tolong, Maaf, dan Terima Kasih" Ajarkan Tata Krama Pada Anak
Image by juragancipir

Setiap orang tua tentunya ingin agar anaknya mempunyai tata krama yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain. Hal ini bisa dimulai dengan mengajarkan anak beberapa kata ajaib, seperti kata : tolong, maaf, dan terima kasih.

Pentingnya memilih kata yang tepat untuk anak. Nah, anda tentunya pasti tahu seseorang yang mengatakan terima kasih, tolong, ataupun maaf. Ya, ketiga kata ini kerap dianggap sebagai kata ajaib yang mampu menyihir pendengarnya, sebab kata- kata tersebut mampu mengubah presepsi, atau prasangka anda terhadap lawan bicara dalam seketika. 

Nah, siapa sangka kalau itu juga berlaku kepada anak- anak, yang mana kata- kata ini dapat meningkatkan keterampilan sosialisasi si kecil yang akan memudahkannya beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, dan inilah tips untuk mengajarkan kata "ajaib" pada si kecil.

Beri Motivasi Si Kecil untuk Mempelajarinya, bangun motivasi anak untuk belajar menggunakan kata- kata tersebut, sampaikan setiap kata memiliki kekuatan yang dapat "menyihir" pendengarnya. Bahwa anda dan orang lain akan merasa senang dan tersenyum saat ia mengatakannya.

Jelaskan Pengertian dari Setiap Kata, Kata Terima kasih : kata ini menunjukkan rasa syukur terhadap suatu kebaikan, nah, mengajarkan kata ini mampu membuat anak menghargai dan mensyukuri usaha orang lain an berikan contoh untuk mengucapkan terima kasih dengan senyuman terbaik. 

Kata Tolong : kata ini mengajarkan bahwa orang lain akan mau menolong atau memberikan sesuatu dengan cara yang sopan, begitupun sebaliknya ingatkan juga kepada anak, bahwa ia juga saat meminta tolong ia harus menyampaikannya dengan nada yang lembut. Dan yang ketiga adalah kata 

Maaf :  kata ini di anggap sebagai kata yang paling menyihir, karena dapat mengurangi dan rasa sakit saat mendengarnya, terutama aat anak secara sengaja ataupun tidak sengaja menyakiti seseorang.

Gunakan dalam Keseharian, dengan memberi contoh dengan kata- kata tersebut dalam keseharian si kecil akan terbiasa mendengarkannya. Usahakan menerapkannya dalam percakapan sehari- hari  anda dengan anggota keluarga lain, teman ataupun tetangga dan juga dengan si kecil.

Ajarkan dengan Cara yang Menyenangkan, selain dengn metode role play, seperti yang terlah di jelaskan sebelumnya. Anda dapat menerapkan cara- cara lainnya. Seperti menggunakan lagu ataupun aktivitas tertentu yang menunjukan perilaku yang baik dengan konsekuensi yang positif.

Dukung Si Kecil dalam Menerapkannya, yaitu dengan mendorong anak untuk berperilaku baik pada rekan sebayanya. Pada saat mulai bersekolah si kecil tentunya banyak berinterksi deng teman- temannya sekelas ataupun dengan guru. 

Disitu anada dapat mengingatkan si kecil pada saat mengantarkannya ke sekolah untuk mengucapka salam saat tiba di sekolah, meminta bantuan dengan kata tolong, dan mengucapkan kata maaf jika ia berbuat salah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2