Mohon tunggu...
ayuning pinastika
ayuning pinastika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNDIP

Prodi Bioteknologi, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Berikan Inspirasi Kreatif Tingkatkan Usaha Tanaman Hias dengan Kokedama

13 Agustus 2022   21:42 Diperbarui: 13 Agustus 2022   22:40 164 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salatiga (11/08/2022)  Mahasiswa KKN Tim II UNDIP berikan pelatihan pembuatan kokedama kepada Ketua KRPL Kauman Kidul RW 04 Kota Salatiga, Bu Eni Winarni (55). Kokedama merupakan teknik menanam yang berasal dari Negara Sakura, yaitu Jepang yang berbentuk seperti bola yang dibalut menggunakan lumut atau serabut kelapa.  

Penggunaan serabut kelapa pada pelatihan ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah yang tidak terpakai menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual dan tentunya ramah lingkungan.

dokpri
dokpri

Meskipun kokedama terbilang masih asing di Indonesia khususnya Kota Salatiga, pembuatan kokedama cukuplah mudah yakni dengan memindahkan tanaman hias dari wadah, kemudian membalut akar menggunakan tanah hingga berbentuk seperti bola, lalu dibalut menggunakan serabut kelapa. Balutan serabut kelapa kemudian diikat menggunakan benang.

Selain proses pembuatan kokedama yang cukup mudah, proses penyiraman kokedama pun juga tidaklah sulit. Cukup dengan merendam kokedama dalam wadah berisi air, serabut kelapa akan menyerap air dan membuat bola tanah kokedama dalam kondisi lembab.  

dokpri
dokpri

Kokedama memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman karena bentuknya yang artistik, cocok untuk tempat sempit, penghias atau penghijau ruangan, serta dapat menambah harga jual tanaman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan