Mohon tunggu...
Ayuni Devitasari
Ayuni Devitasari Mohon Tunggu... Ayuni Devitasari

Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswi KKN UNS Lakukan Pendampingan PHBS untuk Mencegah Penularan Covid-19 di Desa Mangunlegi, Pati

13 Juli 2020   15:13 Diperbarui: 13 Juli 2020   15:10 6 1 0 Mohon Tunggu...

Kurangnya kesadaran dan pemahaman mayarakat mengenai Covid-19 merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tingginya angka penyebaran Covid-9 di Indonesia. Universitas Sebelas Maret telah menerjunkan ratusan mahasiswa pada tanggal 1 Mei 2020 untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Relawan Covid-19 periode I. 

Kegiatan KKN ini berlokasikan di tempat tinggal masing-masing mahasiswa dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk KKN seperti biasanya. Kegiatan KKN ini dilakukan dengan tujuan untuk dan memberikan pemahaman dam pendampingan kepada masyarakat desa Mangunlegi, Kecamatan Batangan, Pati, Jawa Tengah mengenai pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah penularan Covid-19.

Kegiatan KKN UNS yang dilakukan di tengah pandemic Covid-19 dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Dengan adanya kegiatan KKN ini diharapkan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Desa Mangunlegi RT 01/02 lebih paham mengenai seluk beluk Covid-19 sehingga dapat menekan laju penyebaran Covid-19. 

Selain itu, terdapat kebiasaan baru yang baik di lingkungan masyarakat, yaitu pola hidup bersih dan sehat. Setelah dilaksanakannya kegiatan KKN ini, masyarakat menjadi lebih terbiasa dengan pola perilaku yang bersih dan sehat.

Kegiatan KKN ini dilakukan dengan menggunakan metode daring (online) melalui WhatsApp Group pemuda pemudi serta secara offline seperti pemasangan poster di tempat umum tanpa mengumpulkan masa yang banyak. 

Penggunaan metode ini juga merupakan salah satu bentuk support terhadap gerakan physical distancing yang mana merupakan upaya kita semua dalam mencegah penularan Covid-19 ini. Program kerja yang dilakukan dalam kegiatan KKN ini antara lain pengadaan poster dan video animasi yang dapat menarik perhatian masyarakat dan mudah untuk dipahami, pembagian masker, hand sanitizer, cairan desinfektan, dan pengadaan tempat cuci tangan di tempat umum.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x