Mohon tunggu...
Ayunda Putri
Ayunda Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

"Hari ini adalah cerita sekarang. Besok mungkin cerita mendatang. Dan yang datang mungkin akan lebih menantang. Untuk itu mari bersama gapai masa yang akan datang" Ynd'20//

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Kawasan Jalan Raya Keadilan Selalu Banjir: "Penyempitan dan Pendangkalan Sungai Jadi Faktor Penyebabnya"

27 November 2020   13:14 Diperbarui: 27 November 2020   13:22 44 2 0 Mohon Tunggu...

DEPOK -- Memasuki akhir bulan dipenghujung tahun ini, kita telah memasuki musim hujan yang terjadi antara bulan September hingga Maret mendatang. Menurut BMKG puncak musim hujan diprediksi pada Januari-Februari 2021. Akibat curah hujan yang tinggi, biasanya beberapa wilayah sering kali terdampak hingga terjadi banjir. Tentunya hal ini menjadi perhatian khusus untuk kita semua, agar tetap selalu waspada dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari bencana ataupun masalah penyakit yang akan ditimbulkan nantinya.

Seperti yang terjadi dikawasan Jalan Raya Keadilan, Rawadenok yang tiap tahunnya selalu terkena banjir. Setiap kali musim hujan tiba, sungai yang ada ada disekitaran pinggir jalan tersebut pasti akan meluap ditambah dengan banyaknya tumpukan sampah yang berserakan hingga membuat para pengendara mobil ataupun motor seringkali mogok akibat banjir yang melanda. Sampah yang menumpuk tersebut biasa disebut warga sekitar adalah hadiah dari Bogor yang mengirim sampah tersebut hingga akhirnya menyumbat aliran sungai dan menyebabkan banjir.

Tak hanya sampah dan hujan yang menjadi faktor utama penyebab terjadinya banjir. Penyempitan dan pendangkalan sungai juga menjadi faktor pendukung terjadinya banjir dikawasan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari kontur sungai yang dangkal serta sempitnya jalan masuk air mengalir disungai tersebut. Dapat dilihat juga bila banjir telah surut, biasanya akan banyak petugas dari Dinas Kebersihan Kota Depok yang akan mengangkut sampah-sampah yang berserakan dijalan dan sungai hingga lumpur yang mengendap sangat jelas terlihat pada aliran dasar sungai tersebut. Selain itu buruknya drainase (saluran air) yang ada disekitar rumah warga ataupun pinggir jalan menjadi faktor penambah terjadinya banjir dikawasan tersebut.

Kendati demikian, agar terhindar dari peristiwa yang tidak diinginkan. Mari kita sama-sama menghimbau sesama warga agar berperilaku baik dengan menerapkan hidup sehat dan tidak membuang sampah sembarang ke sungai. Agar terciptanya suasana lingkungan yang aman, nyaman dan bersih serta bebas dari segala marabahaya yang akan terjadi. #Banjir #Hujan #Musimhujan #Depok #Seputardepok (Ayunda)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
27 November 2020