Mohon tunggu...
Ayu Martaning Yogi A
Ayu Martaning Yogi A Mohon Tunggu... Just ordinary girl

Mahasiswi Pascasarjana UGM, Penggiat Literasi, Tertarik pada Topik Ekonomi, Sosial, Budaya.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Menjelajah Instagram hingga E-Library, Aplikasi Favorit untuk Ngabubu-Read

24 April 2021   21:59 Diperbarui: 24 April 2021   22:03 532 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjelajah Instagram hingga E-Library, Aplikasi Favorit untuk Ngabubu-Read
Sumber Gambar: Editing Pribadi Kombinasi Gambar Pixbay.com, google.play.com, dan iPusnas.id

Bulan Ramadan selalu diwarnai dengan aktivitas berbeda dari biasanya, salah satunya "ngabuburit" atau kegiatan yang dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk ngabuburit diantara kumpul-kumpul dengan keluarga, tilawah Al-Qur'an, berselancar di dunia maya, membaca, nonton, dan berbagai aktivitas lainnya.

Membaca adalah salah satu aktivitas yang lumrah untuk dilakukan, khususnya bagi orang-orang yang hobi membaca. Istilah "ngabuburit" sering di-pleset-kan menjadi "ngabubu-read' untuk menyebut orang yang melakukan aktivitas membaca sembari menunggu waktu berbuka.

Bahan bacaan tak harus buku, media sosial pun dapat menjadi bahan bacaan yang tersaji dalam konten-kontennya. Ketika memilih buku sebagai bahan bacaan, tak harus buku fisik menjadi medianya. Hal itu karena kita juga dapat membaca e-book melalui aplikasi perpustakaan online. Dalam hal ini, Instagram dan aplikasi perpustakaan online bisa menjadi alternatif dalam berkegiatan menunggu waktu berbuka puasa.

Instagram

Instagram menjadi salah satu aplikasi favorit untuk mengisi kegiatan ketika ngabuburit. Algoritma yang ada di Instagram dapat membaca hal-hal sesuai minat kita. Sehingga, ketika membuka fitur explore maka kita akan disajikan konten-konten yang sejenis dengan konten yang sering kita buka dan simpan.

Sumber Gambar: Editing Pribadi dan Kombinasi Gambar dari Pixbay.com
Sumber Gambar: Editing Pribadi dan Kombinasi Gambar dari Pixbay.com

Ketika persiapan untuk berbuka telah selesai dilakukan, ada waktu santai sejenak sembari menunggu waktu berbuka tiba. Menjelajah Instagram bisa menjadi pilihan sembari menunggu kumandang adzan. Kita dapat membuka konten-konten tentang agama, motivasi, kuliner, dan masih banyak hal lainnya. Tanpa kita sadari ketika membuka dan membaca konten-konten tersebut ada ilmu yang kita peroleh, serta wawasan yang bertambah.

Tak hanya itu, brand-brand produk, perusahaan swasta, bahkan institusi pemerintah untuk turut menyemarakkannya. Tak jarang mereka memanfaatkan Instagram untuk mengadakan kuis, giveaway, challenge, atau semacamnya. Hadiahnya pun beragam, mulai dari paket produk hingga uang tunai maupun uang elektronik. Ada keseruan tersendiri ketika mengikutinya, ketika menang pasti hati senang. Ketika belum berkesempatan menang pun tak masalah, tak ada ruginya.

Bermanfaat atau tidaknya bermain media sosial tergantung dari bagaimana kita memanfaatkannya. Berlaku pula pada penggunaan Instagram. Setiap orang punya cara berbeda untuk memanfaatkannya, termasuk saat mengisi kegiatan menjelang waktu berbuka puasa.  Ketika kita sering membuka konten-konten yang didalamnya terdapat ujaran kebencian terhadap suatu individu atau kelompok tertentu, rasisme, dan ujaran kebencian, maka dikhawatirkan akan berpengaruh pada pola pikir kita yang cenderung ke arah negatif. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita selalu menggunakan Instagram atau media sosial lainnya untuk tujuan yang baik, terlebih di Bulan Ramadan yang penuh kebaikan ini.

E-Library

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x