Mohon tunggu...
Ayra Amirah
Ayra Amirah Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang istri, seorang ibu

Menyukai fotografi, sedang belajar moto. Hobi menulis. Merasa lebih bahagia, setelah bertemu Kompasiana. IG @ika_ayraamirah Twitter @AmirahAyra FL @Ika (Ayra Amirah)

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Aku Merdeka, Tanpa Syarat

5 Agustus 2021   17:10 Diperbarui: 5 Agustus 2021   17:13 137 13 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aku Merdeka, Tanpa Syarat
Ilustrasi wanita yang merdeka (foto dari kaizenempowermentcoaching.com)

Aku merdeka untuk memeluk matahari sore, yang seharian ini menyemangati ide yang kutuliskan. Meski pelukan ini tak bisa lama, sebab malam segera memisahkan kami.

Aku wanita yang merdeka. Ketika orang-orang yang tercinta menyetujui apa saja yang kupilih. Untuk memenuhkan meja dengan menu pengganjal perut. Tanpa pertanyaan, tanpa komplen keberatan, apalagi muka cemberut.

Meski aku tak bisa memilih melahirkan bayi perempuan atau bayi lelaki, aku merdeka menciumi mereka kapan saja. Tanpa ada nasib memisahkan, seperti wanita yang dijajah lelaki tak berguna.

Aku bersyukur dengan kemerdekaan yang menjadi karunia tinggi. Ketika aku memilih diksi tanpa rima tanpa persajakan, engkau tak mem-bully dan membuat negeri ini sepi literasi.

Lalu aku juga akan membuatmu merasa merdeka. Wahai burung-burung kecil yang terbang secara bebas. Wahai bunga-bunga liar yang menyela di antara palawija. Wahai bintang yang muncul dengan atau tanpa sinar di sana.

Aku tak akan merubah ini semua. Caramu berpikir, merdeka memberi apresiasi. Caramu berjalan, merdeka tanpa harus ikut tetabuhan. 

Sebab aku, engkau, mereka, merdeka tanpa syarat.

_____________

Puisi ini saya dedikasikan kepada wanita yang kehilangan kemerdekaannya. 

Mohon tunggu...
Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan