Mohon tunggu...
Arief Satiawan
Arief Satiawan Mohon Tunggu... Konsultan - www.ariefsatiawan.com

aku bukanlah aku.. aku pasti berubah di setiap waktu.. aku berubah untuk menjadi lebih aku

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Harapan Berkarya di Ramadhan Tahun Ini

9 Mei 2019   14:18 Diperbarui: 9 Mei 2019   14:29 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahun lalu, saya pernah berharap agar bisa nulis rutin selama bulan puasa. Namun hal itu tidak terealisasi karena kemalasan saya. Alhasil, selama sebulan saya Cuma bikin empat tulisan. Tahun lalu juga saya berencana ingin membuat video motivasi selama bulan puasa. Namun ini juga tidak terealisasi karena kemalasan saya juga. Bahkan hingga saat ini video tersebut tidak jadi-jadi juga. 

Tahun lalu, saya berkeinginan untuk mengikuti challengenya kompasiana yang nulis setiap hari, namun hal itu tidak juga terealisasi. Alasannya? Yap betul, saya malas juga. Entah kenapa kemalasan saya dalam berkarya di puasa tahu lalu sangat tinggi sekali. Saya pun tidak mengerti kenapa bisa seperti itu.

Tahun ini saya punya beberapa project ramadhan yang saya canangkan sendiri. Mulai dari ikut challenge menulisnya kompasiana, membuat vlog motivasi, melanjutkan naskah novel yang sudah terpending sebelumnya dan aktif di sosmed untuk memposting hal-hal yang islami. Rencananya sih begitu.

Saat ini saya sedang sibuk dengan proses akreditasi di kantor yang akan dilaksanakan di tanggal 30 April kemarin. Mungkin setelah akreditasi itu selesai saya akan mengambil cuti untuk memulihkan tenaga, pikiran, otak, mental dan kesehatan yang sudah banyak saya keluarkan di proses akreditasi itu. 

Meskipun saya sudah punya impian berkarya di ramadhan tahun ini, tapi untuk konsep nya sendiri benar-benar belum saya pikirkan matang-matang. Saya pun belum membagi-bagi waktu di bulan puasa nanti untuk aktivitas ibadah, aktivitas berkarya, aktivitas silaturahim dan aktivitas dengan istri. Sepertinya ramadhan kali ini saya akan kembali gagal lagi ya dalam berkarya. Hahaha

Saya tidak tahu akan sepeti apa menjalaninya nanti. Ada banyak karya yang ingin saya buat. Tapi sepertinya ada beberapa karya yang mesti saya korbankan agar saya bisa fokus dan menyelesaikan harapan-harapan ini. Untungnya gara-gara akreditasi, jiwa saya jadi semangat-semangatnya. Semoga semangat ini bisa terus berlanjut hingga ramadhan ya. Sehingga bila rasa malas tiba, semangat yang ada bisa langsung mengalahkannya.

Satu yang pasti, saya sangat bersemangat untuk menuliskan satu tulisan setiap hari di bulan puasa. Saya sudah memimpikan hal ini terealisasi semenjak saya SMA dulu atau sekitar 10 tahun yang lalu. Makanya bulan ramadhan kali ini saya cukup excited dalam menjalaninya. Ada kompasiana yang akan memacuku dengan keras dalam berkarya di ramadhan tahun ini lewat challenge samber THR nya.

Baiklah. Semoga saya bisa.

Pasti bisa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun