Mohon tunggu...
Ikhwanul Halim
Ikhwanul Halim Mohon Tunggu... Editor - Penyair Majenun

Father. Husband. Totally awesome geek. Urban nomad. Sinner. Skepticist. Believer. Great pretender. Truth seeker. Publisher. Author. Writer. Editor. Psychopoet. Space dreamer. https://web.facebook.com/PimediaPublishing/ WA: +62 821 6779 2955

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Mengajukan Pertanyaan yang Tepat

27 November 2022   12:00 Diperbarui: 27 November 2022   12:02 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Jadi Mahiwal," kata Nakumi sambil mencondongkan tubuh mendekat agar aku bisa mendengarnya, "Bagaimana kalau kita keluar dari sini?"

Aku merasakan tangannya di pundakku dan memikirkannya, ketika Salim datang. Aku pernah bertemu Salim beberapa kali di sini, dan kami mengobrol sebentar. Pria yang baik, ramah, tapi kami tidak banyak bicara.

"Mahiwal!" dia berseru. Sedang apa?"

Aku memberi isyarat yang kuharap akan menunjukkan bahwa aku sedang bersama seseorang dan tidak ingin diganggu, tetapi Salim tidak mengerti--atau pura-pura tidak mengerti--isyaratku.

"Oh, Mahiwal," katanya. "Tidak, tidak, tidak. Kamu harus berhati-hati akhir-akhir ini. Sudahkah kamu bertanya padanya?"

"Tanya dia apa?"

"Dia robot atau bukan," katanya kesal. "Mahiwal, kamu harus selalu bertanya. Kamu tidak ingin diculik dan mendengarkan presentasi tentang timeshare selama lima jam, kan?"

"Oh, kamu benar," kataku. "Kamu bukan robot, kan, Nakumi?" Saya bertanya.

"Apa aku terlihat seperti robot?" Nakumi balik bertanya. Sulit untuk mengatakan apakah dia merasa lucu atau tersinggung. Sepertinya keduanya.

"Tidak, tentu saja tidak", kataku, tapi Salim menyela. "Tidak seperti itu," katanya. "Kamu harus bertanya dengan benar. Seperti ini," dan dia menarik napas, menatap mata Nakumi, dan berbicara bagai melafalkan dengan jelas dan keras dari naskah yang telah dia hafal, "Nakumi, ini adalah permintaan resmi di bawah Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Apakah Anda robot yang dipekerjakan atau di bawah kontrak dengan organisasi mana pun, pemerintah atau sipil, laba atau nirlaba?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun