Mohon tunggu...
Aurellia Silaban
Aurellia Silaban Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Trisakti School of Management

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Audit Internal untuk Perusahaan, Apakah Penting?

6 Mei 2021   18:15 Diperbarui: 6 Mei 2021   18:17 62 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Audit Internal untuk Perusahaan, Apakah Penting?
sumber: republika.co.id

Internal audit sangat penting bagi perusahaan karena internal audit memiliki tanggung jawab menggunakan pendekatan yang sistematis dan terstruktur untuk mengembangkan dan menilai kembali efektivitas pada manajemen risiko yang ada di perusahaan. Internal audit melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan dan akuntansi di perusahaan.

Apakah internal audit itu penting bagi perusahaan? Ya, internal audit memiliki peran penting bagi perusahaan. Karena auditor dapat bekerja sama dengan perusahaan untuk mengidentifikasi risiko yang ada pada suatu bisnis.

Suatu organisasi sangat membutuhkan untuk membantu para top manajemen membuat keputusan dengan tepat dan secara objektif dan berdasarkan data yang ada. Karena bisa saja ada 'oknum' yang melakukan kecurangan pada saat melakukan penyajian data untuk keuntungan diri sendiri atau kelompok tertentu. Dengan adanya sistem internal audit maka auditor-auditor yang terdapat dalam perusahaan dapat mendeteksi dan mengidentifikasi jika ada kejanggalan sehingga top manajemen dapat membuat keputusan dengan lebih objektif.

Selain membuat keputusan yang objektif sistem internal audit juga dapat melindungi asset perusahaan. Karena pihak auditor dan manajemen bekerja sama untuk mengidentifikasi risiko yang ada pada suatu bisnis dan akan melakukan evaluasi untuk menghindari risiko yang dapat terjadi pada suatu bisnis. Auditor juga memantau proses bisnis yang dilakukan sebuah perusahaan agar tujuan dari evaluasi tercapai dan juga sebagai catatan untuk evaluasi risiko selanjutnya.

Sumber:

Imam Ghozali (2007), Manajemen Risiko Perbankan; Pendekatan Kuantitatif Value at Risk, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, (IG)

mas-software.com

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN