Mohon tunggu...
Jeanne Mejia
Jeanne Mejia Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Freelance Content Writer

Penulis freelance content writer yang tertarik dengan topik - topik seputar startup, digital marketing, digital campaign, dan bisnis

Selanjutnya

Tutup

Money

Mengenal Definisi Manajemen, Fungsi Serta Unsur-unsurnya

10 April 2020   21:44 Diperbarui: 6 Mei 2020   22:13 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.sogoodlanguages.com

Apa definisi manajemen secara umum? Bisa dibilang  sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Bisa dibilang, manajemen adalah hal yang mutlak bagi setiap organisasi baik pemerintah, swasta, nir-laba, dan masyarakat.

Asal mula kata manajemen diambil dari bahasa Perancis kuno yaitu 'menagement' yang artinya seni dalam mengatur dan melaksanakan. Maka dari itu, manajemen juga bisa didefinisikan sebagai usaha perencanaan, pengoordinasian, pengorganisasian, dan pengotrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Substansi efektif dalam manajemen adalah agar mencapai suatu tujuan sesuai perencanaan dan efisien untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik dan rapih.

Menurut salah satu pakar manajemen T. Hani Handoko, terdapat tiga alasan mengapa setiap organisasi memerlukan manajemen:

1. Agar tujuan pribadi dan organisasi dapat tercapai

2. Demi menjaga keseimbangan antara tujuan - tujuan, sasaran, dan kegiatan yang saling bertentangan dari pihak yang punya kepentingan dalam organisasi

3. Mencapai efisiensi dan efektivitas suatu kerja organisasi

Dengan kata lain, berhasil atau tidaknya suatu organisasi dalam mencapai tujuannya tergantung bagaimana manajemen. Untuk itu, organisasi perlu mengetahui sektor mana saja yang paling krusial dan membutuhkan manajemen pada awal pendirian. Setidaknya, organisasi membutuhkan manajemen dalam sektor strategi, sumber daya manusia, produksi, pemasaran, dan manajemen lainnya.

Dalam memahami apa definisi manajemen, hal yang terpenting yaitu organisasi mampu memaksimalkan sumber daya yang ada dimilikinya. Maka dari itu, seorang manajer perlu memahami 5 fungsi utama dalam manajemen:

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah yang paling penting dalam sebuah manajemen bisnis agar menentukan secara keseluruhan tujuan perusahaan dan upaya untuk memenuhi tujuan tersebut.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian yaitu membagi kegiatan besar menjadi beberapa kegiatan kecil atau serangkaian kegiatan. Tujuannya, untuk mempermudah manajer melakukan pengawasan yang lebih efektif dan menentukan sumber daya yang dibutuhkan agar setiap kegiatan yang telah dibagi menjadi lebih efisien. Lebih gampangnya, pengorganisasian tentang menentukan apa yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan, dan bagaimana harus dikerjakan.

3. Penempatan (Staffing)

Staffing lebih memperhatikan sumber daya secara umum, antara lain peralatan, perlengkapan, dan inventaris yang ada pada sebuah organisasi

4. Pengarahan (Directing)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun