Mohon tunggu...
Eva Rosita
Eva Rosita Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Komunikasi Internasional di Era Internet

23 Desember 2018   16:08 Diperbarui: 23 Desember 2018   16:09 240 0 0 Mohon Tunggu...

Mengingat kembali tentang komunikasi internasional, beginilah definisinya. Menurut Wikipedia, komunikasi internasional komunikasi yang dilakukan oleh komunikator yang mewakili suatu negara untuk menyampaikan pesan-pesan yang berkaitan dengan kepentingan negaranya kepada komunikan yang mewakili negara lain. Jadi, dalam menyampaikan pesan-pesan yang ada di negaranya itu dilakukan oleh seseorang yang dipilih dari negaranya untuk menyampaikan informasi atau pesan-pesan yang penting ke negara lain.

Nah komunikasi internasional itu memiliki kriteria tersendiri yang isinya harus bersifat penting. Isi informasi itu harus bersifat global karena informasi tersebut akan disebarkan ke negara-negara yang ada di dunia, kemudian disebarkan melalui media yang berstandar internasional.

Komunikasi internasional pada awalnya hanya berfokus pada penyebaran informasi antar negara saja kemudian seiring perkembangannya munculah propaganda. Pada paradigma Free and Flow Information menyebabkan perkembangan yang memunculkan globalisasi dan era informasi. Tentu saja itu semua berpengaruh pada perkembangan media dan teknologi yang ada saat ini.

Ya, teknologi sangat berperan penting dalam kehidupan manusia untuk berinteraksi dengan mudah bahkan untuk penyebaran arus informasi dari berbagai negara. Komunikasi internasial sangat berpengaruh pada teknologi, disitulah proses informasi bergerak sangat cepat dengan biaya yang murah yang akhirnya muncul "internet".  Di internet, kita dapat bertukar informasi dengan cepat pada seluruh dunia.

Internet merupakan salah satu media yang uang penyebaran informasinya cepat dan murah. Semua manusia bisa menggunakannya bukan hanya dari golongan kelas atas saja. Kita bisa mencari apa saja di dalam Internet, banyak informasi didalamnya seperti berita, hiburan, olahraga, politik, dan yang lainnya. 

Layanan internet bisa kita dapatkan di teknologi seperti komputer, smartphone/handphone dan teknologi lainnya yang terdapat fasilitas internetnya. Fasilitas-fasilitas yang ada didalam internet yaitu berupa email, mailing list, chatting, FTP, itulah fasilitas layanan internet yang dapat digunakan oleh penggunanya.

Jadi, komunikasi internasional di era internet membawa perubahan yang sangat besar dari berbagai aspek kehidupan manusia. Bisa kita lihat internet memiliki fungsi sebagai berikut:
1. Menambah wawasan
2. Menambah pengetahuan
3. Menerima/menyebarkan informasi lebih cepat dan mudah
4. Dan bisa sebagai hiburan
Internet juga dapat dimanfaatkan diberbagai bidang, contohnya dibidang bisnis. Kita bisa menjualkan barang produksi kita di internet dengan mudah. Dengan adanya internet, orang-orang menjadi lebih kreatif dan bisa mengembangkan bisnis mereka. Tentu saja sebuah teknologi seperti internet mempunyai dampak negatif. Sebaiknya, kita harus menggunakan internet dengan hati-hati agar terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa komunikasi internasional di era internet sangat berperan penting bagi penyebaran arus informasi ke negara-negara yang ada di dunia. Apalagi seiring berkembangnya zaman, teknologi yang semakin canggih, negara-negara sedang bersaing untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas yang lebih unggul.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x