Mohon tunggu...
Atika Anggraini Kusuma
Atika Anggraini Kusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa

belajar tenang, karena emosi akan membuat kehilangan banyak hal.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Usai Musim Kemarau, Air Terjun Melati Surganya Wisata di Wonogiri

24 April 2021   21:20 Diperbarui: 24 April 2021   21:21 99 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Usai Musim Kemarau, Air Terjun Melati Surganya Wisata di Wonogiri
Salah satu air terjun dari ketujuh Air Terjun Melati (sumber: dokumen pribadi)

Wonogiri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki pesona alam nan indah. Kabupaten Wonogiri ini menawarkan banyak pilihan destinasi wisata yang sangat recommended untuk dikunjungi, salah satunya yaitu destinasi wisata Air Terjun Melati.

Air Terjun Melati belum lama ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kecamatan Selogiri, tepatnya di Dusun Melati, Desa Keloran, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Berjarak sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Wonogiri. Akses masuk ke destinasi tersebut hanya bisa dilewati oleh kendaraan bermotor sampai pada Dusun Melati, selanjutnya harus berjalan kaki kurang lebih 2 kilometer dengan melewati jalanan setapak untuk bisa mencapai Air Terjun Melati. Tidak hanya kendaraan bermotor, sepeda pun juga bisa dibawa sampai ke destinasi air terjun tersebut, cukup aman untuk pejalan kaki dan pesepeda karena jalanan menuju Air Terjun Melati tersebut sudah dibenahi oleh warga setempat.

Sembari melewati jalanan setapak untuk menuju Air Terjun Melati, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang ada disekitar, terdapat pepohonan yang rimbun serta sawah yang tak kalah indah. Air Terjun Melati menyajikan pemandangan yang sangat indah, pengunjung juga bisa melihat air terjun dengan dekat. Banyak spot foto yang tersedia di Air Terjun Melati, seperti pemandangan hutan dan air terjun yang sangat indah dari ketinggian. Selain menikmati pemandangan yang indah, sejuknya udara juga bisa membuat pengunjung terasa lebih rileks.

Air Terjun Melati biasa disebut dengan Grojogan Melati, merupakan destinasi wisata yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu Air Terjun Melati memiliki tujuh buah air terjun yang dapat dinikmati para pengunjung, enam di antaranya berundak-undak berada pada jalur yang sama dimana letak air terjun satu dekat dengan air terjun lainnya. Sedangkah air terjun yang satu letaknya terpisah dan cukup jauh dari keenam air terjun lainnya. Ketinggian dari masing-masing Air Terjun Melati ini antara 10-30 meter. Ketujuh air terjun ini jika diurutkan dari posisi paling bawah menurut urutan letaknya adalah Air Terjun Batu Anjlok, Kedung Dandang, Kedung Bunder, Kedung Turuk, Jurang Gandil, Kedung Ringin, dan Padusan.

"Hanya saja Air Terjun Melati ramai pengunjung pada saat musim penghujan saja," ungkap warga Dusun Melati.

Keindahan Air Terjun Melati dapat dilihat ketika musim penghujan tiba, derasnya air yang mengalir dari atas ke bawah lebih jelas sehingga air terjun tampak lebih mempesona. Ketika musim kemarau, Air Terjun Melati sepi pengunjung dikarenakan debit air terjun akan berkurang. Bahkan ada beberapa air terjun yang benar-benar kering saat musim kemarau.

Untuk memasuki Air Terjun Melati pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.3000. Air Terjun Melati juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti area parkir, kamar mandi, dan warung makan. Oleh karena itu Air Terjun Melati merupakan destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi di Kabupaten Wonogiri.

VIDEO PILIHAN