Kamis tanggal 9 Agustus kemarin, Kompasiana bersama dengan JNE menggelar acara yang bertajuk Kopiwriting "bisnis online yang menjanjikan" di on20 sky lounge hotel Aston Makassar.Â
Dihadiri oleh Mayland Hendar Prasetyo selaku marketing communication division head JNE, direktur e-business kominfo Azhar Hasyim, MIT dan devina selaku bussiness owner dari Baye Fashion. Selain itu, dihadiri pula CEO Kompasiana, rekan rekan media dan kompasianer Makassar.
Sebut saja bisnis online yang sedang hype di Indonesia yang bahkan nilai bisnisnya bisa mencapai 12 milyar USD. Tentu bukan nilai yang kecil untuk dipandang sebelah mata. Menyambut peluang besar ini, PT Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir ( JNE Ekspress) siap mendukung potensi dan peluang bisnis online yang sedang menjadi trend belakangan ini.
Dalam acara ini bapak Azhar Hasyim selaku direktur e-business kominfo menyampaikan secara garis besar perkembangan internet di Indonesia, potensi bisnis online, dan peluang ekonomi digital di Indonesia.Â
Tak hanya itu, beliau juga sampaikan tentang bagaimana menjadi konsumen yang cerdas saat bertransaksi online dan peran serta Kominfo dalam memajukan e-bisnis di Indonesia.
 Bagaimana Kominfo menyediakan logistik, infrastruktur telekomunikasi yang mendukung, SDM yang mendukung, perlindungan konsumen serta perpajakan yang diatur sedemikian rupa untuk kelangsungan bisnis online di Indonesia.
Demi menyambut hal positif ini, JNE sebagai perusahaan jasa kurir ekspress dan logistik yang telah 28 tahun berkecimpung dalam jasa pengiriman ini, siap mendukung potensi dan peluang bisnis online di Indonesia.Â
Head of marketing communication division JNE, Mayland Hendar Prasetyo mengatakan bahwa JNE memiliki kapabilitas dan kualitas dalam bidang jasa kiriman dengan dukungan lebih dari 40 ribu karyawan, 7 ribu armada, serta lebih dari 6 ribu titik layanan yang dimiliki di seluruh Indonesia.Â
"JNE juga telah melayani 24 ribu kiriman per jam, dan mengalami kenaikan bisnis 20-30 persen per tahun" ungkap Mayland. JNE juga tidak hanya melayani pengiriman nasional, tapi juga pengiriman internasional.
JNE berkomitmen untuk memberi layanan terbaik dengan melakukan inovasi di berbagai sektor, menjalin kerjasama dengan e-commerce dan pihak pihak terkait, sehingga dapat turut berkontribusi bagi dunia UMKM dan perekonomian di Indonesia.
Lebib lanjut disebutkan bahwa JNE memiliki beragam layanan seperti my jne sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna layanan JNE, PESONA (pesona oleh oleh nusantara), jesika (jemput ASI seketika), Yes (yakin esok sampai), dan beragam layanan unggulan lainnya yang memberi kemudahan bagi penggunanya.
Kemudahan layanan JNE ini juga diakui oleh Devina Dewilarasati dan Dina Esterina yang merupakan pemilik e-bisnis bernama BAYE. Bermula dari pengalaman sebagai mahasiswa dan pekerja muda yang memiliki kebutuhan busana formal dan elegant namun tetap terjangkau kantong, maka terciptalah brand Baye ini dari tangan mereka.
"Kami juga selalu mempercayakan pengiriman barang kami pada JNE. Selain lokasinya mudah ditemukan, pengiriman barang dari JNE tidak pernah mengecewakan, box kami selalu rapi, dan tidak ada cacat sedikitpun saat sampai di tangan konsumen," kata Devina.
Di acara ini juga Devina menceritakan awal mula memulai bisnis, sharing tentang pemilihan platform online dimana mereka memilih berjualan lewat instagram, bercerita tentang tantangan berbisnis online dimana faktor utama penentu kesuksesan dalam bisnis online adalah kepercayaan. Terakhir mereka berbicara mengenai kemudahan berbisnis online dengan adanya dukungan jasa pengiriman seperti JNE.
Senada dengan Devina, saya sendiri juga pengguna jasa JNE, karena memang sering berbelanja online. Ketika memilih jasa pengiriman saat check out belanja, saya selalu memilih JNE yang harganya lebih terjangkau dan cepat sekali sampai. Tak pelak jika bisnis JNE makin berkembang karena memang layanannya yang excellent. Â Saya sendiri merasakannya.