Aten Dhey
Aten Dhey

Penikmat kopi buatan Mama di ujung senja Waelengga

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Enu Apakah Engkau Tahu?

12 Januari 2019   23:29 Diperbarui: 13 Januari 2019   00:06 96 3 0
Enu Apakah Engkau Tahu?
Dokpri

Enu Apakah Engkau Tahu?

Gadis Manggarai menjadi dambaan setiap orang. Ingat, bukan karena cantik dan menawan tapi karena baik dan murah hati. Unik bukan? Mengapa Engkau takut mengakui bahwa tanah Nuca Lale adalah Tanah Kelahiranmu? Di sana tersimpan seribu emas yang tak pernah habis hingga tujuh turunan. Untuk itu, berbanggalah menjadi Gadis Manggarai.

Enu Apakah Engkau Tahu?

Mengapa setiap kali orang ingin mendengar tutur katamu, Engkau malu tuk berujar? Logat Manggarai memang terdengar lucu dan lemah gemulai tapi ingatlah bahwa ucapan yang keluar dari mulut manismu menggambarkan kelembutan hatimu. Lembutnya kata mulutmu menampakkan kelembutan kata hatimu.


Enu Apakah Engkau Tahu?

Mengapa setiap lelaki takut meminangmu? Ingatlah, mahar belis bukanlah alasan utamanya. Terkadang besarnya belis mengecilkan dan mengucilkan cintamu dan kekasihmu. Harga belis tidak bisa disandingkan dengan harga dirimu. Banyak orang berpikir bahwa Engkau bisa dibeli oleh belis yang mahal dan akhirnya bisa diperlakukan dengan tidak manusiawi. Mereka tidak membeli Engkau dan mereka sebenarnya sangat menghargai Engkau. Ingatlah bahwa seberapa besar harga belis masih jauh tertinggal di bawah harga dirimu.

Enu Apakah Engkau Tahu?

Mengapa seorang lelaki ingin menyayangimu? Di balik wajahmu tersimpan sejuta memori indah yang mengandung kecantikan alami. Wajahmu menyimpan satu rahasia yang sulit dicapai dengan hanya mencintai sebatas kata-kata. Dia harus mencintaimu dengan bukti yang nyata yakni menyayangimu.

Enu Apakah Engkau Tahu?

Mengapa setiap lelaki ingin hidup bersamamu? Molas Manggarai tak'kan pernah mengecewakan orang yang dicintainya. Sukacita dan dukacita selalu bergandeng tangan hingga maut yang memisahkannya. Jarang terjadi seorang Gadis Manggarai mengecewakan kekasihnya. Jika sungguh terjadi itu bukan salahnya. Sesungguhnya orang yang menyayanginya salah mengerti dengan kata hatinya.

Enu Apakah Engkau Tahu?

Enu satu pesan untukmu: "Jagalah semua yang telah Engkau ketahui dari secuil sajak yang tak beraturan ini". Masih ada seribu satu sajak indah yang akan kukisahkan untukmu. Enu bawalah kebangganmu sebagai Gadis Manggarai dalam tidurmu malam ini.