Mohon tunggu...
Atanshoo
Atanshoo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Pengisi Kanal Fiksiana __________ Content Creator on: Instagram: Atanshoo Youtube: Atanshoo

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Berusaha Sembuh dari Sakitnya Patah Hati

23 November 2023   15:00 Diperbarui: 23 November 2023   15:05 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengantar

Sakit hati adalah perasaan yang tidak menyenangkan yang bisa dialami oleh siapa saja. Sakit hati bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kehilangan orang yang dicintai, pengkhianatan, penolakan, atau ketidakadilan. Sakit hati bisa berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental seseorang, seperti menurunkan kepercayaan diri, mengganggu konsentrasi, menyebabkan depresi, atau bahkan memicu penyakit jantung.

Oleh karena itu, sangat penting untuk berusaha sembuh dari sakit hati dan tidak membiarkannya menghancurkan hidup kita. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk sembuh dari sakit hati:

  • Terima perasaan sakit hati. Jangan menyangkal atau menutupi perasaan sakit hati yang kita rasakan. Akui bahwa kita sedang merasakan sakit hati dan beri diri kita waktu untuk meratapi hal yang menyebabkan sakit hati. Menurut psikolog, menangis bisa membantu melepaskan emosi negatif dan mengurangi stres.
  • Cari dukungan dari orang-orang terdekat. Berbagi perasaan sakit hati dengan orang-orang yang kita percaya, seperti keluarga, teman, atau profesional kesehatan mental, bisa membantu kita merasa tidak sendirian dan mendapatkan saran atau penghiburan. Orang-orang terdekat juga bisa membantu kita melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda dan memberi kita harapan.
  • Lakukan hal-hal yang membuat kita bahagia. Saat sakit hati, kita mungkin kehilangan minat untuk melakukan aktivitas yang biasa kita sukai. Namun, justru dengan melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia, kita bisa meningkatkan mood kita dan mengalihkan perhatian kita dari sakit hati. Misalnya, kita bisa mendengarkan musik favorit kita, menonton film komedi, membaca buku inspiratif, atau berolahraga.
  • Bersikap positif dan optimis. Sakit hati bisa membuat kita merasa putus asa dan pesimis tentang masa depan kita. Namun, kita harus ingat bahwa sakit hati adalah hal yang sementara dan bisa diatasi. Kita harus bersikap positif dan optimis bahwa kita bisa sembuh dari sakit hati dan menemukan kebahagiaan lagi. Kita bisa membuat afirmasi positif, seperti "Saya bisa sembuh dari sakit hati", "Saya berharga dan dicintai", atau "Saya memiliki masa depan yang cerah".
  • Maafkan diri sendiri dan orang yang menyakiti kita. Salah satu hal terakhir yang bisa kita lakukan untuk sembuh dari sakit hati adalah memaafkan diri sendiri dan orang yang menyakiti kita. Memaafkan bukan berarti kita melupakan atau menyetujui apa yang terjadi, tetapi berarti kita melepaskan dendam dan rasa sakit yang menghambat kita untuk move on. Memaafkan bisa membantu kita merasa lega, damai, dan bahagia.

Sembuh dari sakit hati memang tidak mudah dan tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Namun, dengan berusaha melakukan langkah-langkah di atas, kita bisa semakin dekat dengan kesembuhan dan kebahagiaan. Ingatlah bahwa kita tidak sendirian dan kita bisa melewati masa-masa sulit ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga kita semua bisa sembuh dari sakit hati.

: [Sakit Hati Bisa Picu Serangan Jantung] : [Menangis Bisa Membuatmu Lebih Bahagia, Ini Alasannya] : [Cara Mengatasi Sakit Hati yang Efektif] : [10 Hal yang Bisa Membuatmu Bahagia] : [Afirmasi Positif untuk Mengatasi Sakit Hati] : [Memaafkan, Kunci untuk Sembuh dari Sakit Hati]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun