Mohon tunggu...
Syukur Iman Attaqwa
Syukur Iman Attaqwa Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Mahasiswa semester 5 informatika dari universitas pembangunan nasional veteran jawa timur. Memiliki semangat dan dedikasi yang tinggi dalam menuntut ilmu baru baik dalam ataupun di luar lingkungan universitas .

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman MBKM MSIB di Ruang Guru, Sesuai Ekspektasi ?

13 Desember 2022   09:50 Diperbarui: 13 Desember 2022   10:01 796
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MBKM (Merdeka Belajar - Kampus Merdeka) merupakan program baru yang di rancang oleh menteri pendidikan dan kebudayaan guna membuat mahasiswa mampu menguasai berbagai keilmuan baru yang digunakan sebagai bekal memasuki dunia kerja nantinya. Magang Studi Independen Bersertifikat atau lebih kita kenal dengan MSIB merupakan wujud implementasi dari merdeka belajar dengan manggandeng mitra dari dunia kerja atau industri untuk menyediakan tempat bagi mahasiswa untuk belajar langsung disana.

Ruangguru merupakan sebuah platform belajar online yang bekerja sama dengan kampus merdeka untuk menyediakan dua kelas studi independen bersertifikat, yaitu front-end dan backend engineering. Saya memilih backend engineering karena ingin fokus pada pengembangan web atau aplikasi backend, serta karena track record yang jelas dari Ruangguru dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas, seperti yang saya lihat pada kakak tingkat saya di UPN 'Veteran' Jawa Timur

Saya sendiri sangat senang bisa mengikuti program MBKM MSIB di Ruang Guru ini, karena saya bisa belajar dari para mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya dan juga bisa berinteraksi langsung dengan teman-teman yang memiliki minat dan passion yang sama di bidang teknologi informasi khusunya sebagai backend engineering. Pembelajaran yang disajikan juga cukup terstruktur dan mudah dipahami dengan menggunakan LMS (Learning Management System), sehingga saya bisa memperdalam pengetahuan dan keterampilan saya di bidang backend engineering dengan baik. 

Selama mengikuti program ini, saya juga telah banyak belajar tentang pengembangan aplikasi web, termasuk teknologi-teknologi terkini seperti Postgresql, Postman, dan dasar-dasar bahasa pemrograman Golang. Selain itu, saya juga diajarkan tentang cara mengelola dan mengoptimalkan aplikasi web agar dapat berjalan dengan baik. Di Ruang Guru, kita juga diajarkan kompetensi umum yang berfokus pada pengembangan diri seperti berpikir kritis dalam menangani suatu masalah dan sebagainya.

Selain itu, program ini juga membantu saya dalam mengembangkan soft skills seperti kemampuan berkomunikasi dengan mengadakan webinar Inspiration Class dan tugas project bertim yang bertujuan melatih kerja sama antar anggota dalam tim. Saya juga bisa memperluas jaringan dengan mentor dan teman-teman dengan kegiatan townhall yang mengumpulkan seluruh keluarga ruang guru sehingga bisa mendapatkan berbagai macam informasi baru baik itu mengenai peluang kerja di dunia industri ataupun perkembangan teknologi backend engineering.

Setelah mengikuti program ini, saya merasa lebih siap untuk memasuki dunia kerja dan membuktikan kompetensi saya di bidang teknologi informasi. Saya bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan melalui program MBKM MSIB ini. Saya berharap program ini akan terus dikembangkan dan diikuti oleh lebih banyak mahasiswa agar mereka juga bisa menguasai berbagai keilmuan baru dan siap memasuki dunia kerja.

Overall, pengalaman saya mengikuti program MBKM MSIB di Ruang Guru sangat positif dan sesuai dengan ekspektasi saya. Saya bisa belajar banyak hal baru dan berkualitas, serta mendapatkan sertifikat yang bermanfaat untuk membuka peluang kerja di dunia industri. Saya sangat merekomendasikan program ini kepada teman-teman yang ingin belajar dan memperdalam pengetahuan di bidang teknologi informasi khususnya sebagai backend engineering.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun