Mohon tunggu...
Emmanuel Astokodatu
Emmanuel Astokodatu Mohon Tunggu... Administrasi - Jopless

Syukuri Nostalgia Indah, Kelola Sisa Semangat, Belajar untuk Berbagi Berkat Sampai Akhir Hayat,

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Gelombang Cinta di "Facebook"

11 Januari 2018   10:09 Diperbarui: 11 Januari 2018   10:23 502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika saya membaca sebuah status / pernyataan di Facebook dari seorang teman, saya mau mengatakan sebenarnya orang itu jangan pernah merasa sendirian, dan kesepian. Memang maklum cinta sangat mudah merasa ditinggalkan, merasa kehilangan.

Itu pengalaman ketika pacaran, hidup suami isteri pun begitu. Dan percaya atau tidak, berteman dalam partai dan gerakanpun ketika lepas dari geng pergaulannya, ada rasa kehilangan. Itulah cinta. Benarkah itu ?

Tetapi ketika itu saya menulis di status saya bermaksud merespon status teman tersebut dimuka saya menulis ini :

"Cinta itu tidak menghilangkan kepribadian melainkan menyempurnakan yang tak pernah sempurna".  Menyempurnakan itu proses saling melengkapi yang tidak pernah sempurna menyempurnakannya.

Pernyataan saya ini mendapat banyak "like" dan ada 5 komentar yang 2 membenarkan, yang tiga memberikan pertanyaan membuka diskusi.

Pertanyaan itu berbunyi sebagai berikut : "Kalau begitu apakah perbedaan makna dari Suka, Cinta, Sayang dan Kasih...... 4 istilah yang seringkali rancu disebutkan orang mereka mirip tetapi ada hakekat yang berbeda". Ternyata pertanyaan itu hari ini dilontar lagi terbuka.

Pertanyaan kedua minta pendapat saya, dikatakan dalam bahasa Jawa dan panjang sekali tetapi menyangkut budaya zaman yang bergeser. Dewasa ini sudah zamannya dimana keindahan duniawi dikejar (ngudi kaendahan kadonyan) dan itu diindikasikan pada kebebasan seks terbuka ataupun terselubung dalam media masa, kesenian, iklan dsb (wong wadon ilang wirange = perempuan kehilangan rasa malu).

Pertanyaan dan harapan ketiga hanyalah minta terjemahan dari pertanyaan kedua kedalam bahasa Indonesia.

Marilah pertama tama kita pahami seluruh pertanyaan itu, meskipun itu sudah saya coba memahami untuk pertanyaan kedua. Pertanyaan pertama minta tanggapan terhadap pemahaman 4 istilah (Suka,Cinta,Sayang,Kasih). Dikatakan "ada hakekat yang berbeda". Mungkin itu mau mengatakan "ada unsur yang berbeda dalam hakekat dari kenyataan yang disebut oleh keempat istilah itu".

Saya setuju dan saya menambah/merubah dan menata urutan istilah-istilah itu untuk menunjukkan bagaimana sedikit pendapat saya dengan demikian ini :

Cinta-Kasih , Cinta paling sempurna, Tuhan Allah yang memiliki

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun