Mohon tunggu...
MUHAMAD BURHANUDIN
MUHAMAD BURHANUDIN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

|Mahasiswa Semester 7 - Universitas Pamulang| - |Karyawan Koperasi PBD|

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

PKM Unpam: "Meningkatkan Produktivitas & Kreativitas Siswa" Ponpes An-Nur

22 November 2021   21:57 Diperbarui: 22 November 2021   22:21 375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Foto bersama dengan Ust. Feri Firdaus S.Pd.I

Sabtu, 20 November 2021. Mahasiswa Universitas Pamulang yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bimbingan Ibu Weny Gurita Aedi S.Pd., M.Pd. mengadakan kegiatan di Pondok Pesantren  An-Nur di jalan Warga Bersyukur Desa Babakan, Kec. Ciseeng, Kab. Bogor – Jawa Barat.

Kegiatan ini berupa seminar dan lokakarya yang mengusung tema “MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS DAN KREATIFITAS SISWA DENGAN MEMANFAATKAN GAWAI DI PONDOK-PESANTREN AN-NUR BABAKAN, CISEENG, BOGOR.”, dibuka oleh ketua kelompok PKM pukul 09.00 acara berjalan lancar hingga selesai pukul 16.00 WIB.

Gambar 2. Sesi Pembukaan Kegitan PKM
Gambar 2. Sesi Pembukaan Kegitan PKM

Muhamad Burhanudin  (disapa) Burhan selaku ketua kelompok menyampaikan “Alhamdulillah kami bersyukur diizinkan untuk mengadakan kegitan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di tempat ini tentu ini akan menjadi suatu kesan dan pengalaman yang sangat bernilai bagi kami”. Kemudian ketua mengenalkan satu persatu anggotanya mulai dari Zein Akbar, Muhamad Yasir, Diva Ikbar Rauf, Reza Alif Anugrah, Muhammad Henryvaldi, Muhammad Rulli Saputra dan Munandar. Burhan juga menyampaikan salam dan permohonan maaf dari dosem pembimbing yang berhalangan hadir.  

Dalam sambutannya Ust. Feri Firdaus S.Pd.I selaku perwakilan dari dewan guru Pondok Pesantren menyambut baik tim PKM “alhamdulillah, saya mewakili segenap dewan guru Pondok Pesantren An-Nur menyambut baik kegiatan ini, saya ucapkan selamat mengikuti kepada adek-adek tolong ikuti dan pahami materi yang disampaikan oleh kakak-kakak, supaya bisa bermanfaat di kemudian hari” tutur Ust. Feri. sebelumnya Ust. Feri menyampaikan permohonan maaf dari Kyai Shabri Lubis selaku kepala Pondok-Pesantren yang berhalangan hadir karena kesibukannya. 

Sebagai audien siswa-siswi pondok pesantren lihat antusias terhadap materi yang disampaikan oleh anggota kelompok PKM mulai dari pengenalan aplikasi Canva, VN Video Editor hingga pengenalan dasar-dasar Microsoft Excel. Pada sesi lokakarya siswa-siswa juga mempraktekan langsung materi yang disampaikan kelompok PKM melaui gawai berupa smartphone dan laptop.

Gambar 3. Audien/peserta Kegiatan PKM/Dokpri
Gambar 3. Audien/peserta Kegiatan PKM/Dokpri
Gambar 4. Tim PKM memberikan arahaan kepada audien/Dokpri
Gambar 4. Tim PKM memberikan arahaan kepada audien/Dokpri

Untuk menambah semangat audien tim juga mengadakan sesi quis, dimana audien diberikan tantangan untuk berkreasi sesuai dengan pemahaman materi yang disampaikan. Tim akan memberikan hadiah doorprize kepada pemenang quis.

Gambar 5. Penyerahan hadiah Quis kepada pemenang
Gambar 5. Penyerahan hadiah Quis kepada pemenang

Saat jam makan siang kelompok PKM diberikan hidangan nasi liwet khas pesantren di atas dua lembar daun pisang dengan menu sederhana, menariknya yang masak adalah santri (baca:siswa) juga “Mas, beginilah disini kami diajarkan untuk makan secara berjamaah, ini sudah kami biasakan sejak lama” ucap Hasan Jai kepada kelompok PKM.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun