Mohon tunggu...
Asniah
Asniah Mohon Tunggu... Konsultan - UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Saya adalah orang yang kreatif dan terbiasa bersosialisasi, bertemu dengan orang baru tidak menjadi masalah bagi saya. Saya suka untuk mencari alternatif solusi dari berbagai permasalahan yang ada serta bersikap terbuka mengenai segala kemungkinan solusi yang terbaik. Dan saya juga seseorang yang teratur dan fokus terhadap hasil kerja. Meskipun begitu saya orang yang realistis ketika mengatur sebuah goal dan mencoba lebih baik dan efisien dalam mencapai goal tersebut. Hoby saya menulis, membaca dan traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivation Letter

16 November 2022   00:26 Diperbarui: 16 November 2022   11:43 472
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkenalkan nama saya Asniah. Saya merupakan mahasiswi  semester 1 Prodi Studi Agama-Agama, Fakultas Ushuluddin, Program Pascasarjana Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung.  Selama kuliah saya sangat senang mengikuti kegiatan pendidikan, sosial dan lingkungan. Saya juga merupakan awarde Beasiswa Cendikia Baznas (BCB)  ketika S1 dan Beasiswa PEMDA sekarang ini. Kegemaran saya yaitu traveling  dan mengikuti kegiatan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, saya juga sering mengikuti kegiatan eksternal kampus bersama komunitas yang ada di padang serta mengikuti beberapa event. Seperti, mengajar anak-anak jalanan, berdonasi dan sebagainya.

Selama kuliah saya aktif di beberapa organisasi baik internal maupun eksternal, yaitu organisasi Lembaga Dakwah Kampus ( LDK) ditingkat universitas sebagai anggota kemuslimahan, Himpunan Mahasiswa Jambi (HMJ) sebagai divisi kaderisasi.  organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Komunitas Berani Bicara Indonesia (KBBI) sebagai co trainer, dan Call To Action  (CTA) Indonesia.

Saya belajar banyak hal di dalam organisasi tersebut, seperti menjadi koordinator acara yang merencanakan dan mengatur acara agar berjalan lancar dan sukses serta harus bertanggung jawab terhadap beberapa program kerja yang sudah dibuat dan tetap meluangkan waktu untuk menulis.

 Saya pernah menjadi koordinator program pemberdayaan masyarakat di salah satu kampung binaan yang ada di kota padang. Waktu itu kita melakukan open donasi baik berupa uang, sandang, bahan makanan, alat  tulis, dan lain-lain yang akan diberikan ke warga dan anak-anak di daerah tersebut. Kita juga mengajar ngaji dan melakukan beberapa permainan dengan anak -anak di daerah setempat.

Dari beberapa kegiatan yang saya ikuti tersebut membentuk pribadi saya untuk bisa membagi waktu dengan baik, konsisten terhadap sesuatu hal yang sudah dijalani, mengasah kemampuan saya dalam bidang kepemimpinan, bersosialisasi dengan masyarakat serta bertindak cepat dan tepat dalam memecahkan permasalahan yang ada. Selain itu, kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat tersebut memberikan pembelajaran yang sangat berarti dalam hidup saya. 

Saya juga mengikuti beberapa komunitas di Padang Pertama yaitu komunitas "Lentera Juara". bergerak di bidang sosial dan pendidikan. Kegiatan rutin dari komunitas LJ  adalah " Memberikan Pendidikan" yang diadakan seminggu sekali yaitu setiap hari  minggu di masjid raya Sumatra barat . Kegiatan kondisional lain biasanya LJ mengadakan acara di masjid, kelas inspiratif, peringatan hari kartini, dan lain -lain.

 Kedua saya juga mengikuti komunitas "Celengan Berbagi", yaitu komunitas yang menggalang dana untuk membantu warga maupun anak-anak yang membutuhkan di daerah sekitar padang. 

Ketiga saya mengikuti komunitas "Executive Project", yaitu komunitas untuk belajar berwirausaha dengan agenda setiap dua minggu sekali mengundang seorang entrepreneur untuk berbagi tentang bagaimana cara membuka dan menjalankan suatu usaha serta berbagi tips untuk bisa sukses.

 Keempat saya mengikuti komunitas "Play On Padang", yaitu komunitas dengan agenda rutin melakukan jogging setiap malam sabtu dengan jarak bervariasi yang bisa diikuti yaitu ada 4,5 km, 7 km, dan 9 km.

 Kelima saya mengikuti komunitas "Relawan padang", yaitu komunitas yang menggalang dana untuk disumbangkan kepada warga yang membutuhkan maupun ke panti asuhan dan mempunyai agenda rutin setiap sebualan sekali membagikan nasi kotak atau nasi bungkus kepada warga yang membutuhkan di pinggir jalan daerah Padang. Hampir dari semua komunitas yang saya ikuti, saya pernah menjadi koordinator acara untuk menjalankan suatu project atau program kerja.

Berbekal pengalaman pada berbagai program pengabdian masyarakat yang telah saya ikuti, membuat jiwa saya semakin terpanggil untuk dapat memberanikan diri dan bertekad menjadi volunteer Saudara Satu Negara  (Malaysia-tiongkok). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun