ita DK
ita DK penulis travel

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Cerita Asal-usul Foto Paspampres Ganteng yang Menjadi Viral

11 November 2017   21:11 Diperbarui: 13 November 2017   12:44 6302 10 7
Cerita Asal-usul Foto Paspampres Ganteng yang Menjadi Viral
foto anggota paspampres yg menjadi viral (koleksi instagram rembulanlintang)

Bagaimana cerita awal foto anggota Paspampres menjadi viral. Ternyata foto itu diawali dari instagram warga Solo yang bernama Rembulan Lintang. Sebagai tamu di acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang digelar di Solo pada Rabu (8/11/2017) lalu, foto itu sampai sekarang masih menyita perhatian netizen terutama ibu-ibu muda.

Di wall Facebok saya tidak terhitung, banyak sekali kaum hawa terutama ibu-ibu rumah tangga yang memviralkan foto yang beredar di dunia maya menunjukkan anggota Paspampres itu tengah berjalan di sebelah mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi. Semuanya memuji ganteng!!

Anggota Paspampres untuk keluarga Jokowi ini berpostur tinggi memakai pakaian adat Jawa berupa blangkon, beskap hitam dan  kain jarik jawa batik yang merupakan seragam pernikahan Kahiyang-Bobby. Ternyata paspamres tersebut bernama @daniel_darryan12

Di Facebook maupun berita resmi dari web koran sama sekali tidak ada yang menulis asal-usul foto tersebut. Sehingga nama Rembulan Lintang sebagai hak cipta foto tersebut tidak pernah disebut. Rembulan adalah alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ternyata fotografer wedding juga. Tapi ketika mengambil foto tersebut dia pakai telepon genggam saja. Saya mempelajari asal usul foto ini dari dari awal mulai diunggah di instagram.

Ini caption dari di instagramnya @rembulanlintang:

"Akhirnya jepretanku VIRAL!!!  
Pertama kali diunggah oleh @nani.mayor
Prestasi fotografi di hampir penghujung 2017 ini cukup mengagetkan ternyata hahaha... Padahal ada cerita deg-degan di momen itu di mana Pak Jokowi menyapa kami sekeluarga satu per satu, "Pak Mayor, Ibu...." ditutup anggukan senyum buat aku. Alamak dapet tatapan mata sama anggukan senyum dari Pak Jokowi aja uda meleleh.. Perihal paspampres ganteng, aduuuh malah gak sempat lihat hahaha!!!"

Ternyata foto itu tersebut  hasil jepretan Rembulan Lintang tapi yang mengunggah di intagram pertama kali adalah ibunya @nani.mayor

Ini caption foto dari @nani.mayor ibunya Rembulan LIntang :

"Disapa Presiden dengan memanggil nama kami....duuuhhh...sesuatu banget. Yaa Tuhan..terimakasih beliau tidak lupa."

Kemudian @nani.mayor memberi komentar kepada temannya:

@liliemeldasari sebenernya momen buka jendela dan memanggil nama kami sambil ketawa beliau itu yg bikin kmu meleleh....belum nyadar klo kmi juga ditatap mata bening oleh yg jagain seb jendela. Hahaha.....lha koq setelah ku upload malah pada gagal fokus. Viral jadinya wajah mas Daniel.

Jadi @nani.mayor sebagai orang yang pertama kali mengunggah foto Daniel tidak menyangka kalau foto itu akan menjadi viral. Karena sebenarnya dia ingin cerita kalau Pak Jokowi membuka jendela karena memanggil namanya. Kejadian ini yang membuat mereka terharu. Tapi yang jadi viral bukan Pak Jokowi yang membuka jendela malah foto Daniel.

foto anggota paspampres dengan pengantin kahiyang-boby (koleksi tribunnews)
foto anggota paspampres dengan pengantin kahiyang-boby (koleksi tribunnews)

Ternyata paspamres tersebut bernama @daniel_darryan12 diinstagramnya sekarang jadi bertambah followernya. Ketika menulis ini saya lihat followenya jadi 34.500 orang setelah fotonya menjadi viral.

Sementara @RembulanLintang sebagai fotografernya, follower intagramnya nyaris tidak banyak bertambah. Sampai saya menulis Sabtu (11/11) followernya 1.487 saja. Jadi yang diuntungkan dengan dilihat dari penambahan follower di masing-masing instagramnya tetap Daniel yang menang.

Dan kata-kata dari seorang teman di FB ini @Noviana Kusumawardhani yang membuat saya ingin tertawa:

"Saya ini tak selalu setuju dengan kebijakan Jokowi. Salah satunya pemilihan paspampresnya yg mengundang kericuhan."

Follow @asitadk