Mohon tunggu...
Ashyfa Agnia
Ashyfa Agnia Mohon Tunggu... untuk belajar

dengan belajar kita pasti bisa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Potensi UMKM Indonesia dalam Perdagangan Bebas

28 Mei 2020   14:10 Diperbarui: 28 Mei 2020   14:14 6 0 0 Mohon Tunggu...

Kita ketahui bahwa perdagangan bebas pada saat ini berkembang begitu pesat, dan tak dapat kita pungkiri bahwa perdagangan bebas merupakan aktivitas yang sangat vital dan menguntungkan bagi para pengusaha. Perdagangan bebas ini sendiri merupakan sebuah pasar dimana para pelaku yang terlibat seperti penjual dan pembeli mempunyai kebebasan penuh dalam kegiatan perdagangannya.

Tapi disini arti kebebasan tidaklah mutlak, terdapat aturan yang mengikat dan harus dipatuhi oleh pelaku perdagangan tersebut, ada beberapa aturan yang memang harus dipenuhi seperti cara dan jenis barang yang diperdagangkan.

Aktivitas perdagangan bebas ini pun sebenarnya memberikan impact yang cukup besar bagi Indonesia, bahkan kita juga tahu bahwa syarat untuk menjadi Negara maju ialah jumlah pelaku intrepreneur harus lebih dari 14% dari rasio penduduknya, maka dengan adanya perdagangan bebas ini membuka kan peluang yang begitu besar bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya dan tanpa disadari akan membawa pengaruh pula terhadap perekonomian Indonesia.

Disini mari kita lihat seberapa potensialnya Indonesia untuk bersaing dalam pasar bebas. menurut data Badan Pusat Statistik, dan United Nation Population Fund, pelaku UMKM di Indonesia di tahun 2018 saja sudah terprediksi mencapai 58,97 juta orang. Dari jumlah penduduk pada saat itu diprediksi mencapai 265 juta jiwa. Bahkan terdata sejak tahun 2011 UMKM di Indonesia menjadi semakin kuat karna adanya perdagangan bebas.

Menurut kementrian PPN/Bappernas laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia belakangan ini meningkat sebanyak 0,05 persen. Salah satu penopang pertumbuhan ekonomi itu terlihat dari geliat kegiatan usaha kecil dan menengah (UMKM). Dan usaha yang dijalankan  oleh masyarakat menengah kebawah ini memiliki peran strategis dalam menggerakan roda perekonomian bangasa.

Mengapa di sini saya mengatakan bahwa Indonesia mampu bersaing dan dalam perdagangan bebas dilihat dari begitu besarnya potensi UMKM di Indonesia yang dapat dikembangkan, begitu beragamnya jenis produksi UMKM yang telah berjalan di Indonesia baik dalam usaha kuliner, fashion, pendidikan, usaha dalam bidan otomotif, dalam agrobisnis, dalam bisnis kerjinan tangan dan masih banyak lainnya bukankah peluang emas untuk Indonesia untuk menjadi pemenang dalam perdangan bebas?

Namun disini juga kita tau bahwa ada strategi yang harus di persiapkan para pengusaha atau pelaku bisnis dalam persaingan ini, salah satu nya dengan pengembangan kembali kualitas produk, harga produk , lokasi usaha sesuai target bidikan pemgusaha, promosi yang baik, dan juga SDM yang berkualitas.

VIDEO PILIHAN