Mohon tunggu...
Moh. Ashari Mardjoeki
Moh. Ashari Mardjoeki Mohon Tunggu... Freelancer - Senang baca dan tulis

Memelajari tentang berketuhanan yang nyata. Berfikir pada ruang hakiki dan realitas kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Politik

"Fiksi" Kitab Suci Rocky Gerung, Filsafat yang Salah Tempat

14 April 2018   11:29 Diperbarui: 14 April 2018   14:19 2567
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Maka tidak selayaknya seseorang mudah menyalahkan, merendahkan dan menghina orang lain. Sebab yang menurut pandangan seseorang salah belum tentu salah bagi orang lain maupun orang banyak. Apa lagi menurut Tuhan.

Setiap orang lahir dalam suatu negara untuk dimuliakan Tuhan dan negara. Maka tidak selayaknya seseorang boleh dipermalukan,dihina, direndahkan apa lagi sampai disakiti atau dibunuh .

Siapa pun boleh menyalahkan---mengingatkan, orang lain kalau sekiranya melanggar aturan negara. Tetapi tidak boleh untuk sembarangan menyalahkan, merendahkan dan menghina sesama karena hanya pandangan subyetif.

Rambu-rambu Gerung

Bagi Rocky Gerung mungkin cukup menyenangkan dan tidak masalah bisa menertawakan, menyalahkan dan membodohkan siapa saja. Termasuk mencela orang biasa yang kebetulan berkedudukan sebagai kepala negara. Asal ada "argument" yang bisa diucapkan.

Diskusi ala ILC memang perlu dimasyarakatkan untuk mencerdaskan bangsa ini dalam kehidupan bernegara. 

Khususnya dalam budaya diskusi yang benar dan berkualitas. Tetapi hendaknya selalu diingatkan bahwa acara ILC hanya terbatas di ruang kaca televisi. 

Tidak sepantasnya hal-hal buruk dalam diskusi dikembangkan dan jadi perdebatan di ruang publik apa lagi jika sampai ada laporan ke Polisi.  Lebih seronok lagi jika sampai ada yang mengarahkan masa gara-gara acara ILC.

Masyarakat. Terutama dari kalangan politisi dan pengamat politik sudah tahu dan mampu membatasi gerak lidahnya.  Bahwa hanya hal-hal yang benar bagi negara yang boleh dikembangkan di masyarakat. Demi ketenteraman, kedamaian dan kesatuan bangsa.

Bertasawuf

Menurut penulis. Yang agak bisa "mengimbangi" dan menghancurkan argumentasi penganut filsafat kitab suci fiksi aliran Rocky Gerung, hanya mereka yang bertasawuf.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun