Oleh: Asep Ridwan, S.T.
Motivasi siswa kurang dalam kegiatan belajar dikarnakan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan gaya pembawaannya kurang menarik perhatian Siswa sehingga Siswa mudah jenuh, kemudian media pembelajarannya tidak mengikuti kondisi Siswa.
Pengertian motivasi menurut para ahli adalah suatu perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan (Hamzah B Uno, 2006:63) .
Winkel 1991:95 (dalam skripsi Lita Oktaviasari) berpendapat bahwa terdapat faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar yaitu :
1. Kehidupan diluar lingkungan sekolah
2. Pengaruh dari teman sebaya
3. Kekaburan mengenai cita-cita hidup
4. Keadaan keluarga yang kurang menguntungkan
5. Sikap kritis terhadap masyarakat
Solusi hasil dari kajian literatur dan wawancara :