Mohon tunggu...
arifin billybachtiar
arifin billybachtiar Mohon Tunggu... owner asdanaya art
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Produsen Kerajinan Tembaga dan Kuningan

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Sentra Kerajinan Tembaga Tumang

22 Mei 2020   21:34 Diperbarui: 22 Mei 2020   21:25 5 0 0 Mohon Tunggu...

Tumang merupakan sebuah desa yang terletak di lerenh gunung merbabu dan merapi, tepatnya di kabupaten Boyolali, jawa tengah. Letak geografis yang pegunungan tidak serta merta membuat masyarakat tumang menggantungkan mata pencahariaya sebagai petani. Mayoritas masyarakat tumang justru banyak yang berprofesi sebagai wiraswasta, salah satunya yang paling mendominasi adalah sebagai pengrjin tembaga. Hal ini sudah berlangsung secara turun temurun, bakat seni yang di miliki masyarakt tumang seperti sudah mengalir di dalam darah. 

Perkembangan kerajinan tumang sendiri selalu mengalami grfafik peningkatan, baik dari segi pelaku bisnisnya maupun dari segi hasil kerajjnan yang di hasilkan. Melihat geliat kerajinan tembaga di tumang yang semakin maju, membuat warga lain yang awalnya tidak berkecimpung disana mulai ikut terjun ke dalam bisnis kerajinan tembaga. Sejak desa tumang ini di jadikan kawasan desa wisata dan diresmikan pada masa Presiden Megaawati, akses untuk mendapatkan informasi tentang kerajinan tembaga di tumang semakin mudah. 

Berbagai macam promosi mulai di gaalakan melalui berbagai macam cara. Showroom juga mulai banyak di temukan di tumang sebagai tempat pameran produk kerajinan tembaga ketika ada wisatawan yang berkunjung ke tumang. Meskipun tidak semua produk kerajinan di tampilkan secara nyata di showroom, karena ada produj kerajinan yang sekalanya besar sepertu kubah masjid, patung. Hanya produk yang berukuran kecil yang banyak di tampilkan seperti aneka lampu, pemanas(chafing dish), bathun, kaligrafi dan masih banyak lagi.

Produk yang tidak bisa dipamerkan di siasati dengan membuat katalog. Katalog ini bisa di jadikan referensi sekaligus bahan untuk promosi produj kerajinan tumang. Semakin hari selalu baertambah warga yang masuk ke dalam bianis kerajinan tembaga. Sebagian masyrakay tunang hanya memiliki bengkel tetapi tidak memiliki tempat untuk pameran dan sebagian lagi kebalikanya, meskipun banyak juga yang memiliki bengkel maupun showroom. Kita bisa dengan mudah menemukan kerajinan tembaga tumang memalui internet. 

Strategi pemasaran produk kerajinan tembaga tumang memang yang paling gencar adalah memalui media sosial. Setiap produsen berlomba lomba untuk menawarkan produk kerajinanaya dengan berbagai macam cara melalui media sosial. Salah satunya adalah ASDANAYA ART, ASDANAYA ART merupakan salah satu prosusen kerajinan tembaga tumanh yang sedang berkembang. Banyak jenis produk yang ditwarkan disana dengan sepsifikasi yang baik dan tentubsaja kualitas nomer satu. Jika anda berminat silahkan kunjubgi website asdanaya.art , banyak informasi yang tersaji baik dan kita bperlukan jika kita ingin mengetahui tentang kerajinan tembaga tumang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x