Mohon tunggu...
Arya Maulana Saleh
Arya Maulana Saleh Mohon Tunggu... Pengusaha Muda

Mahasiswa Perbankan Syariah UIN RIL Lampung

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Mengenal Hubungan Antara ALMA dengan ALCO

23 Mei 2020   14:14 Diperbarui: 23 Mei 2020   14:12 27 0 0 Mohon Tunggu...

 Asset adalah sebuah sumber daya yang dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan, sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari beberapa manfaat ekonomi masa depan dapat diharapkan mengalir ke perusahaan. Kepemilikan aset itu sendiri adalah tidak berwujud. 

Namun,aset yang dimiliki dapat berwujud dan tidak berwujud. Manajemen Aset didefinisikan menjadi suatu proses pengelolaan segala sesuatu baik berwujud maupun tidak berwujud yang memiliki nilai ekonomi, dan mampu mendorong tercapainya tujuan dari individu dan organisasi. Melalui proses manajemen POLC (Planning,Organizing,Leading dan Controling) agar dapat dimanfaatkan atau dapat mengurangi biaya(cost) secara effisien dan efektif. Liabilitas atau Hutang adalah kewajiban membayar kepada suatu pihak yang disebabkan oleh tindakan/transaksi sebelumnya.


         Berdasarkan jangka waktu pelunasannya,manajemen liabilitas merupakan kemampuan bank dalam menyediakan dana yang cukup untuk memenuhi semua kewajibannya maupun komitmen yang telah dikeluarkan kepada nasabah (Tanjung, 2016). Sedangkan ALMA adalah manajemen struktur neraca bank dengan tujuan untuk memaksimalkan pendapatan,mengendalikan biaya dalam batas-batas Risiko tertentu (Rivai dan Arifin,2010).  Didalam buku yang lain, ALMA adalah suatu proses dari perencanaan,pengorganisasian,dan pengawasan yang berfungsi sebagai pengendali aktiva dan pasiva secara terpadu yang saling berhubungan dalam usaha mencapai keuntungan bank (Karim, 2010).


         Asset and Liability Committee atau disingkat (ALCO) adalah Dewan khusus atau Tim yang mengelola manajemen Dana atau lebih luas pada pengelolaan asset and liability of bank. Sesuai dengan namanya panitia  atau tim ini melakukan kegiatan rutin dan mengadakan pertemuan yang juga diatur secara rutin,misalnya sebulan sekali atau dua kali pertemuan. Keberhasilan Asset Liability Management (ALMA) tergantung pada kordinasi serta partisipasi seluruh bagian-bagian yang terlibat dalam komite untuk menangani masalah-masalah yang menjadi tanggung jawabnya. Agar strategi ALMA dapat efektif, maka beberapa kriteria berikut harus dipenuhi oleh ALCO, yaitu :
a. Semua anggota ALCO harus terlibat dan mengerti bahwa strategi ALMA adalah strategi menyeluruh dari asset dan liability.
b. Semua anggota ALCO harus terlibat dalam pencapaian anggaran yang direncanakan
c. Semua anggota ALCO harus berpandangan luas dan saling mendukung tanpa prasangka buruk (Tanjung, 2016).

         Manajemen Asset dan Liabilitas (ALMA) terdiri dari Aseet Lability Committee (ALCO) dan ALCO supported group (ASG). Anggota ALCO terdiri dari pimpinan unit kerja operasional dan unit kerja yang berhubungan dengan tugas ALMA. Sedangkan anggota ASG terdiri dari sekelompok manajer/staf profesional yang bertugas membantu ALCO. Jadi Hubungan ALMA dan ALCO merupakan keberhasilan proses manajemen Asset Liability (ALMA) tergantung pada koordinasi serta partisipasi seluruh bagian-bagian yang terlibat dalam komite untuk menangani masalah-masalah yang menjadi tanggung jawabnya. ALMA dalam suatu bank syariah merupakan strategi dan pembuatan kebijakan,dengan demikian alma pada dasarnya adalah proses perencanaan. Oleh karena itu, beberapa strategi penting yang terlibat dalam prosen ALMA adalah Perencanaan,Manajemen Dana, dan Manajemen Kualitas Pembiayaan.



Sumber :
Prof. Dr. H. Veithzal Rivai, MBA, dkk.2007. Bank and Financial Institution Management. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ahmad Iqbal Tanjung, 2016. Strategi Manajemen Aset dan Liabilitas dalam Perbankan Syariah. At-tijaroh. Vol 2, No.2.
Avriyan Arifin, dkk.2007. Bank dan Finansial Institusion Manaement, Jakarta: PT Raja Grafindo.  

VIDEO PILIHAN