Mohon tunggu...
Arya Pradana
Arya Pradana Mohon Tunggu... Dokter - Jurnalis Independent / Dokter Olahraga / Doping Control Officer / Travel Business

Penulis independen, menulis berdasarkan fakta dan data serta pengalaman hidup. tinggal di Rusia, Swiss, Inggris dan Indonesia tentunya. πŸ“©πŸ“ https://www.chelseafc.com/in #Abramovichteam

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Australia Tim Asia Pertama yang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia Qatar

2 Desember 2022   23:06 Diperbarui: 2 Desember 2022   23:20 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saat bertugas di pertandingan antara Australia melawan Denmark di stadion Al Janoub Qatar ( Dokumen pribadi )

Australia Menjadi Tim Asia Pertama yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia Qatar 2022

Kabar dari Qatar

Al Wakra, Qatar - Laga penentu Grup D Piala Dunia Qatar 2022 akan mempertemukan wakil asia Australia dan wakil Eropa Denmark. Mereka tergabung didalam satu grup bersama Tunisia dan juga Juara Bertahan Prancis. Tentu dengan komposisi grup itu banyak yang meramalkan Prancis akan melenggang mulus dan ditemani oleh kompatriotnya dari Eropa tim Dinamit Denmark di posisi kedua.

Namun inilah sepakbola dimana segala sesuatunya tidak bisa diprediksi diatas kertas. Prancis memang sangat digdaya di grup ini dengan menyapu bersih dua kemenangan awal atas Australia dan juga Denmark. Namun untuk posisi Runner-up memang sangat diluar ekspektasi karena Denmark yang digadang-gadang akan menemani Prancis untuk melenggang mulus malah babak belur saat melawan Prancis dan juga hanya bermain imbang saat melawan wakil Afrika Tunisia.

Dan di Al Janoub sebuah stadion megah di selatan Doha akan menjadi saksi apakah Australia bisa menghempaskan Denmark. Tentu Australia yang mewakili Asia akan banyak sekali didukung oleh kompatriot Asianya di Qatar. Australia juga bukan tim yang bisa disepelekan, dimana pasukan The Socceroos skuadnya banyak sekali yang merumput di luar Australia. Sehingga membuat skuad Australia menjadi lebih kompetitif untuk bisa bersaing dengan tim lain di Piala Dunia edisi ke 22 ini.


Setelah Qatar, Iran dan tentu Arab Saudi harus pulang lebih awal, tentu Australia menjadi harapan Asia untuk bisa menjaga asa nya di babak 16 besar. Karena tentu persaingan saat ini sangat merata dimana sudah ada beberapa wakil dari benua Afrika yang lolos ke babak selanjutnya seperti Senegal dan Maroko. Tentu ini membuat Australia bisa menjadi muka Asia untuk menjaga nafasnya di babak selanjutnya.

Dan pertandingan pun dimulai tentu dalam pertandingan ini Denmark masih bisa lolos jika bisa mengalahkan Australia. Namun posisi Australia yang lebih diatas angin membuat Australia sangat leluasa mengambil alih permainan. Namun sayang hingga akhir babak pertama tidak ada gol yang tercipta bagi kedua tim. Sehingga skor kacamata menutup laga babak pertama di stadion Al Janoub Doha Qatar.

Di babak kedua pertandingan jauh lebih menarik karena kedua tim baik Australia maupun Denmark sama-sama ingin menang dan mencuri gol terlebih dahulu. Setelah menunggu selama 15 menit babak kedua berlangsung akhirnya Australia bisa membuka kran golnya kala Matthew Leckie berhasil membuka kran skor bagi timnya. Dengan melakukan solo run Leckie berhasil mengecoh dua bek Denmark yang dikawal oleh bek asal FC Barcelona Andreas Kristensen.

Setelah gol Leckie praktis pertandingan lebih terbuka dan kedua tim saling balas serang untuk bisa memaksimalkan kemenangan. Karena di pertandingan lainnya secara mengejutkan Tunisia berhasil mengalahkan sang juara bertahan Prancis. Sehingga Australia sangat fokus untuk bisa mempertahankan kemenangannya karena dengan kemenangan maka Australia bisa menemani Prancis untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Dan hingga babak kedua berakhir skor 1-0 bagi The Socceroos tetap bertahan sehingga membuat Australia lolos ke babak selanjutnya menemani Prancis yang walaupun kalah dari Tunisia tetap lolos sebagai juara grup C. Dan tentunya dengan hasil ini membuat Australia menjadi tim Asia pertama yang lolos ke babak Knockout Piala Dunia Qatar 2022.12.2

Penulis

Arya Pradana Budiarto, 1 Desember 2022

Doha, QatarΒ 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun