Mohon tunggu...
arya girsang
arya girsang Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Hidup Adalah Pilihan

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Layanan Air Asia Mengecewakan

19 Mei 2014   23:38 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:21 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Pada tanggal 9 Maret 2014 saya melakukan penerbangan dari Kuala Namu International Air Port (KNIA) Medan dengan tujuan Sultan Syarif kasim Pekanbaru dengan waktu pemberangkatan Medan (KNIA) 09:10 am dan tiba di Pekanbaru 10:10 am.  Saya melakukan pembelian ticket di counter air asia di KNIA secara cash/kontan dengan nomor pemesanan A6HD**

Setelah itu saya check-in dan masuk ke ruang tunggu menunggu untuk boarding pas, setelah menunggu beberapa lama ternyata penerbangan menuju Pekanbaru di tunda karena alasan kabut asap yang melanda daerah itu. Setelah saya tunggu hingga pukul 12 siang pihak air asia menyampaikan bahwa penerbangan menuju Pekanbaru dibatalkan karena kondisi kabut asap yang semakin parah, lalu pihak air asia menyampaikan barang siapa yang hendak melakukan refund ticket silahkan mengisi biodata dan barang siapa yang hendak mengganti jadwal penerbangan juga harap melaporkan ke bagian sales di counter demikian kata pegawai yang ada di ruang tunggu keberangkatan tersebut.

Lalu saya dan beberapa penumpang lain mengisi biodata yang diperlukan oleh pihak maskapai seperti nama, alamat, e-mail, nomor telepon dan nomor rekening bank. Setelah itu saya tanyakan pada pegawainya berapa lama proses untuk claim ticketnya, pegawainya pun mengatakan sekitar 30 hari kerja, setelah 30 hari kerja ternyata proses refund ticket tersebut belum juga di realisasikan.

Berhubung belum ada kejelasan pengembalian claim ticket tersebut, akhirnya  saya menghubungi pihak CS air asia Jakarta .  Pada tanggal 12 April 2014 email dari air asia (Auto Generated Response ) dengan Customer Care bernama Liska M menyarankan saya untuk mengisi e-form yang akan dijadikan credit shell, berhubung saya tidak tertarik dengan credit shell yang ditawarkan oleh pihak air asia saya kembali harus menghubungi pihak air asia, lalu setelah saya berdiskusi dengan CS di pesawat telepon tersebut pegawai tersebut menyarankan saya untuk mengisi e-form dan claim ticket saya akan di refund dan tidak dijadikan credit shell, dan pegawai tersebut mengatakan akan memprosesnya dalam 30 hari kerja.

Setelah saya tunggu dalam 30 hari kerja, ternyata claim ticket saya belum juga di bayarkan, lalu akhirnya saya harus kembali menghubungi pihak CS air asia dan menanyakan bagaimana perkembangan refund ticket saya, pegawai tersebut mengatakan sedang di proses akan dikirimkan ke nomor rekening pribadi saya mungki sekitar tanggal 15 mey 2014 akan dibayarkan kata petugas tersebut.

Hari ini 19 mei 2014 pukul 14:54 saya kembali menghubungi CS air asia, emosi saya pun akhirnya meningkat dengan jawaban CS yang berbelit-belit yang mengatakan harus menanyakan ke pihak yang berwenang di bandara, menunggu konfirmasi dan segala macamnya,  sedangkan menurut CS yang sebelumnya saya hubungi tinggal menunggu saja karena nomor rekening saya juga sudah di catat pihak air asia.

Saya menyimpulkan beberapa hal:

1. Pihak air asia tidak tanggap akan keluhan penumpang

2. Pegawai/petugas berbelit-belit memberikan jawaban, sesama petugas bisa berbeda jawaban

3. Proses refund ticket mengecewakan

4. Air asia tidak bisa dihubungi melalui email hanya bisa dihubungi melalui telepon (memakan banyak pulsa HP karena kita harus menunggu  CS sibuk dengan urusannya)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun