Mohon tunggu...
Ary Adianto
Ary Adianto Mohon Tunggu... Great Communicators

Let's talk about economics, history and geography.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Unta Tidak Berharga di Australia: Sejarah Unta di Australia

7 Mei 2020   15:28 Diperbarui: 7 Mei 2020   15:50 186 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Unta Tidak Berharga di Australia: Sejarah Unta di Australia
Distribution of feral camels in Australia in 2008 (source: Australia State of Environment Report 2016)

Awal 2020 merupakan tahun yang berat bagi Australia. Bagaimana tidak, dimulai pada tahun 2019 kekeringan panjang yang melanda benua tersebut yang mengakibatkan kebakaran yang hebat diseluruh benua Australia yang menyebabkan banyak flora, fauna endemik Australia terancam. Maka dari itu pemerintah Australia berencana untuk mengurangi populasi unta.

Sejarah Penemuan Benua Asutralia

Australia itu pertama kali ditemuin bangsa barat tahun 1606 oleh bangsa Belanda dan mendarat di Australia Utara.  Akan tetapi, pada tahun itu Belanda tidak terlalu tertarik dengan Australia karena wilayah tersebut dipandang gersang dan sedikit sumberdaya alam.

tangkapan layar
tangkapan layar
Singkat cerita pada tahun 1770, seorang pelaut Inggris bernama James cook, sedang menyusuri lautan Pasifik menemukan sebuah daratan yang cukup luas. Ternyata merupakan pantai Australia dan mendarat disisi tenggara benua Australia yang iklimnya lebih bersahabat dan terdapat banyak  SDA.

Temuan Cook ini  secara cepat diakui oleh Britania Raya sebagai koloni mahkota baru. Koloni Mahkota New South Wales dibentuk pd 26 Januari 1788, ketika Kapten Arthur Phillip memimpin rombongan First Fleet ke Port Jackson. Tanggal itu menjadi hari nasional Australia.

Setelah menjadi koloni Britania Raya. Australia berkembang menjadi tempat pembuangan narapidana kelas kakap tempat pembuangan narapidana ini terkonsentrasi di Melbourne, Sydney maupun Perth. 

Penemuan Sumberdaya Alam di Australia

Ketika SDA mulai ditemukan di Australia pada abad ke 19. Jumlah populasi dari Eropa ke Australia bertambah dengan cepat terutama papulasi meningkat di daerah subur dan kota-kota besar di Australia. 

tangkapan layar
tangkapan layar
Ketika daerah pesisir Australia mulai dikoloni berbeda dengan wilayah Tengah Australia pada abad ke 19 belum dipetakan. Hal tesebut terjadi karna wilayah Tengah Australia memiliki cuaca ekstrem, gurun yang luas dan tidak adanya infrastruktur atau akses untuk menjangkau daerah tersebut. 

Eksplorasi Daerah Gurun

Pada tahun 1822 warga keturunan Danish-French, Conrad Malte-Brun. Memulai pertama kali pemikiran untuk melakukan eksplorasi daerah gurun menggunakan unta yang diekspor dari Afganistan maupun dari India.

https://news.nestia.com/ | Unta Membawa Perlengkapan Eksplorasi di Gurun Australia
https://news.nestia.com/ | Unta Membawa Perlengkapan Eksplorasi di Gurun Australia
Singkat cerita akhirnya kebijakan tersebut berhasil membuka keterisolasian daerah gurun Australia dan pemetaan wilayah Tengah Australia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x