Mohon tunggu...
Arya Adi Seputro
Arya Adi Seputro Mohon Tunggu... Guru - Manusia biasa yang ingin menjadi manusia seutuhnya

It’s just myself talking to myself about myself.

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Mengenal 'Timur', Sebuah Lagu yang Menguatkan Kehidupan

24 Mei 2023   10:47 Diperbarui: 24 Mei 2023   11:06 6342
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi The Adams - Timur | Sumber: jateng.tribunnews.com

‘Timur’ merupakan sebuah lagu yang ada di dalam album ‘Agterplaas’ (2019) milik band asal Indonesia yaitu The Adams. Bagi saya lagu ini merupakan lagu yang paling saya suka dalam satu tahun terakhir ini, karena lirik di dalamnya yang sangat bermakna dan dapat mengubah hidup saya dalam beberapa waktu ini.

Awalnya sih saya mengira kalau lagu ini hanya sekedar memiliki makna tentang hubungan percintaan sepasang kekasih seperti lagu cinta pada umumnya. Tetapi setelah saya telusuri, ternyata judul ‘Timur’ diambil dari nama anak salah satu personel The Adams yaitu Ario Hendarwan. Lagu ini diciptakan untuk merayakan kelahiran anak Ario dan sebagai ungkapan cinta terhadap anaknya. Lirik di dalamnya seperti seorang ayah yang menceritakan ke anaknya bahwa masa depan kadang menakutkan dan penuh dengan ketidakpastian, akan tetapi semua itu tidak mustahil untuk dilalui. 

Bagaimana saya bisa menemukan ‘Timur’? Lagu ini sebenarnya saya temukan ketika saya sedang asyik scrolling FYP di TikTok. Setelah mendengarkan cuplikan lagu tersebut di TikTok, saya kemudian mencoba mendengarkan versi utuhnya di Spotify. Ternyata lagu ini sangat asyik dan enak didengar mulai dari lirik, nada vokal, hingga permainan musiknya. Makna lirik lagu yang diciptakan Ario ini ternyata bisa terasa sangat magis dan menyentuh hati setiap pendengarnya.  

Kali ini saya akan mengajak pembaca untuk membahas makna dari setiap lirik ‘Timur’ bagian per bagian menurut pandangan saya. Tapi saya akan disclaimer terlebih dahulu ya, bahwa tulisan ini murni dari sudut pandang dan persepsi saya, jadi setiap orang bisa menginterpretasikan makna lirik ini sesuai dengan pemikirannya sendiri hehe.

[Verse 1]

“Masa depan kadang menakutkan
Penuh dengan ketidakpastian
Lebih mudah jika tak dipikirkan

Kita bisa membuat rencana
Untuk sekian tahun ke depan
Tapi percuma jika selesai di tengah jalan”

Penggalan lirik di atas merupakan lirik pembuka dalam lagu ini. Dalam bagian ini digambarkan bahwa masa depan terkadang tidak seindah yang kita bayangkan, menakutkan, dan penuh dengan ketidakpastian.

Kita tahu bahwa masa depan sering menjadi momok menakutkan bagi kita semua. Kita tidak yakin bagaimana masa depan kita nanti akan berjalan, apakah akan menjadi masa depan yang indah atau justru suram? Karena hal yang pasti dalam hidup ini adalah ketidakpastian itu sendiri. Dan ketika itu ada di dalam pikiran kita, kita lebih memilih untuk denial dan tidak ingin memikirkan masa depan kita.

Kita sudah membuat rencana bagi hidup kita sendiri untuk waktu-waktu yang akan datang, tapi terkadang kita merasa pesimis akan rencana-rencana kita tersebut. Kita bertanya kembali ke diri kita sendiri, untuk apa sih kita merencanakan semua impian dan rencana kita? Kita mulai menyerah dan merasa percuma untuk dijalankan kalau ujung-ujungnya bakal terhenti di tengah jalan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun