Mohon tunggu...
Adjat R. Sudradjat
Adjat R. Sudradjat Mohon Tunggu... Penulis - Panggil saya Kang Adjat saja

Setiap tulisan akan menemukan takdirnya sendiri - Pramudya Ananta Toer

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pesepakbola Indonesia yang Pernah Bermain di Piala Dunia

26 Januari 2022   09:01 Diperbarui: 26 Januari 2022   09:15 34799 40 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tropi piala dunia (kompas.com)

Program naturalisasi yang dilakukan PSSI, yang bertujuan untuk mengangkat prestasi, dan mimpi dapat berbicara di pentas dunia, belakangan ini tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan insan pecinta sepak bola

Tapi siapa bilang bangsa Indonesia ini belum pernah mampu berkiprah di pentas dunia, dan tampil di Piala Dunia sebagai wakil dari benua Asia?

Bagi generasi Z sekarang ini, barangkali banyak yang belum mengetahui apabila pesepakbola Indonesia, ternyata ada yang pernah ikut serta berlaga di pentas Piala Dunia.

Dalam kejuaraan piala dunia tahun 1938, di Perancis, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, saat masih di bawah cengkeraman kolonial Belanda, dan masih bernama Hindia Belanda, tercatat beberapa pemain sepak bola keturunan asli Indonesia ikut memperkuat Tim Hindia Belanda.

Ketika itu, Indonesia belum tercatat sebagai sebuah negara memang. Karena belum merdeka dari penjajahan kolonialisme Belanda, dan kemudian begitu mendekati detik-detik proklamasi kemerdekaan, dicaplok oleh "Saudara Tua", sesama negara di benua Asia, yaitu Jepang.

Akan tetapi, meskipun Indonesia saat itu masih dijajah bangsa "Londo" yang dipimpin oleh seorang ratu bernama Wilhelmina, federasi sepakbola PSSI sesungguhnyalah sudah terbentuk seiring dengan semangat kebangsaan dari para pemain sepakbola asli Indonesia.

PSSI dibentuk pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta dengan nama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Sebagai organisasi olahraga yang lahir pada masa penjajahan Belanda, kelahiran PSSI ada kaitannya dengan upaya politik untuk menentang penjajahan. 

Nah, ketika perhelatan kejuaraan Piala Dunia FIFA tahun 1938 tersebut, kesebelasan sepak bola yang mewakili Hindia Belanda, meskipun pemainnya banyak terdiri dari bangsa Indonesia sendiri, namun pengiriman kesebelasan Indonesia (Hindia Belanda) tersebut diprakarsai oleh NIVU (Nederlandsche Indische Voetbal Unie), yaitu organisasi sepak bola Belanda yang diakui FIFA.

Menarik memang. Saat itu NIVU sebagai federasi sepakbola yang direstui pemerintah kolonial Belanda, sempat  bersitegang dengan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) yang telah berdiri pada bulan April 1930. PSSI yang diketuai Soeratin Sosrosoegondo, insinyur lulusan Jerman yang tinggal di Eropa, ingin pemain PSSI yang dikirimkan. 

Adapun para pemain Indonesia yang diikutkan pada perhelatan kejuaraan Piala Dunia FIFA ke-3 di Perancis dengan berbendera Hindia Belanda kala itu, antara lain sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan