Mohon tunggu...
Adjat R. Sudradjat
Adjat R. Sudradjat Mohon Tunggu... Penulis - Panggil saya Kang Adjat saja

Setiap tulisan akan menemukan takdirnya sendiri - Pramudya Ananta Toer

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Adu Balap dan Ajang Anies Baswedan yang Terganjal

10 November 2021   12:44 Diperbarui: 10 November 2021   15:36 429 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Anies Baswedan dan Formula E (Sumber: tribunnews.com)

Mata publik, wa bil khusus penggemar balapan adu cepat sepeda motor dan mobil, saat ini sedang tertuju kepada dua agenda besar yang baru kali ini akan digelar di negeri ini.

Yang pertama adalah balapan sepeda motor yang paling bergengsi di dunia, yakni MotoGP yang rencananya akan digelar sesuai kalender MotoGP tahun 2022 yang akan datang. Adapun tempatnya di sirkuit Mandalika, yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Meskipun memang pada saat pembangunannya ada masalah terkait pembebasan lahan untuk sirkuit balap MotoGP yang konon termegah di kawasan Asia Tenggara tersebut yang terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB, akan tetapi tampaknya hal itu sudah dapat diselesaikan oleh semua pihak.

Adapun anggaran keseluruhan pembangunannya yang menelan dana sekitar Rp 1,7 - 1,8 triliun, itu murni merupakan kerjasama BUMN dengan Bank Himbara yang memberikan kredit investasi pembangunan hingga kredit modal kerja.

Bahkan sebelum digelar ajang balap MotoGP, tidak lama lagi di sirkuit yang dibangun tanpa harus menggunakan APBD maupun APBN itu, akan digelar dua balapan yang juga cukup bergengsi sekaligus, yakni Asia Talent Cup 2021 pada 12-14 November 2021, World Superbike (WSBK) 19-21 November 2021.

Untuk ajang ATC dan WSBK, saat ini tiketnya pun sudah mulai dijual. Dikabarkan animo masyarakat penggemar balapan cukup tinggi. Terbukti dari tiket yang dicetak cukup banyak, ternyata dalam waktu singkat sudah banyak pula yang habis terjual.

Sehingga boleh jadi sejak perencanaan, dan pelaksanaan pembangunan, hingga digunakannya sirkuit Mandalika, berjalan dengan lancar.

***

Sementara itu ajang balap Formula E yang diagendakan pemprov DKI Jakarta sejak beberapa tahun lalu, dan yang semula rencananya akan digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), tepatnya  saat itu ada dua sirkuit yang disiapkan.

Pertama, dimulai dari: Silang Monas Tenggara - MI Ridwan Rais- Tugu Tani - MI Ridwan Rais - Merdeka Selatan - Wisma Antara - Kedubes AS- Silang Monas Tenggara. Sedangkan alternatif lainnya berada di jalan: Silang Monas Selatan - belakang Gambir - Ridwan Rais - Merdeka Selatan - Bundaran Patung Kuda - Silang Monas Selatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan