Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Guru - Jayalah Nusantara

Menyenangi Kata Kesepian dan Gaduh

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Park Hang-seo Melatih Timnas Indonesia?

23 Mei 2022   05:56 Diperbarui: 29 Mei 2022   18:26 29074 43 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Park Hang-seo Saat Melatih Timnas Vietnam. Sumber: en.vff.org.vn

Park Hang-seo kembali mempersembahkan Trofi Juara Cabang Olahraga Sepakbola Putra SEA Games 2021. Mampu menempatkan Timnas Vietnam U-23 secara 2 kali berturut-turut menyandang sebagai timnas terbaik di cabang sepakbola pesta olahraga kawasan Asia Tenggara di tahun 2019 dan tahun 2022.

Kehadiran Park Hang-seo sebagai pelatih di Timnas Vietnam menjelma sosok fenomenal. Mampu memberikan prestasi nan prestisius bagi negara Vietnam, khususnya VFF (Vietnam Fooball Federation).

Permainan Sepakbola Timnas Vietnam berkembang pesat di tangan pelatih dari negeri ginseng ini. Sangat ofensif, kolaboratif, dan berkarakter kuat di setiap lini. Baik lini belakang, tengah, dan lini serang.

Tentu ada peran seorang pelatih yang visioner dan mampu mengeksplorasi pemain-pemain bertalenta. Disatukan pada satu visi demi terciptanya timnas sepakbola yang bermental juara. Mampu dilakukan Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam yang dilatihnya.

Saat direkrut VFF, kejutan langsung dipersembahkan Park Hang-seo. Berhasil membawa Timnas Vietnam U-23 sebagai runner up Piala Asia U-23 di tahun 2018. Prestasi luar biasa yang belum pernah dicapai Vietnam.

Tahun 2019, Park Hang-seo mempersembahkan medali emas untuk Cabang Olahraga Sepakbola Putra SEA Games di Filipina. Timnas Vietnam mampu mengalahkan Timnas Indonesia di babak final dengan skor 3-1.

Selain baru saja merengkuh medali emas di SEA Games 2021 untuk Vietnam, Park Hang-seo juga berhasil meloloskan Timnas Vietnam U-23 ke Piala Asia Tahun 2023. Piala Asia akan dilangsungkan di Cina, 16 Juni-16 Juli 2023.

Keberhasilan Park Hang-seo mempersembahkan beberapa prestasi sepakbola Timnas Vietnam di tingkat regional Asia Tenggara dan Asia tentu dilirik dan akan terus dilirik Pengurus PSSI. Prestasi yang tentu saja sangat dinginkan oleh PSSI dan dirindukan pecinta sepakbola di tanah air.

Keuntungan PSSI dan Timnas Indonesia Jika Dilatih Park Hang Seo

Pertama, mampu lebih membentuk Timnas Indonesia yang lebih ofensif, kolaboratif, dan berkarakter. Sangat cocok dengan tipikal permainan Timnas Indonesia, tetapi masih kurang kuat secara fisik dan kekompakan antar lini.

Kedua, karakter keras Park Hang-seo sesuai dengan mayoritas karakter pemain Timnas Indonesia. Mayoritas pemain Timnas Indonesia sebetulnya mempunyai tipikal "ngeyel". Tidak mudah loyo dan menyerah pada keadaan. Mereka tentu butuh pelatih berkarakter keras dan cenderung temperamental di sisi lapangan untuk mendongkrak daya juang dan semangat pantang menyerah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan