Mohon tunggu...
Kaka Arnold
Kaka Arnold Mohon Tunggu... Lainnya - Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ini Alasan Belgia Membenci Portugal Sebagai Lawan di Babak 16 Besar

27 Juni 2021   16:54 Diperbarui: 27 Juni 2021   16:56 184 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Alasan Belgia Membenci Portugal Sebagai Lawan di Babak 16 Besar
Gambar : Yanto/Indosport.com

Akhirnya laga super big match perdana di babak 16 besar Euro 2020 akan tersaji dinihari besok waktu Indonesia. Pertandingan yang akan dihelat di di La Cartuja, Seville, Spanyol itu akan mempertemukan Timnas Belgia melawan Portugal.

Jika bicara soal status dan juga perjalanan kedua tim sebelum laga ini, Portugal mungkin akan lebih diremehkan sebelum laga ini. Portugal melaju ke babak ini sedikit tertatih-tatih di Grup F, setelah dikalahkan Jerman, Portugal hampir saja tidak lolos, sebelum mampu meraih hasil imbang melawan Prancis.

Sebaliknya, Belgia dapat dikatakan superior di fase grup. Belgia menyapu bersih 9 angka dalam tiga laga melawan Denmark, Finladia dan Rusia. Bukan itu saja, agresifitas Belgia terlihat jelas dengan mencetak tujuh gol dan hanya kebobolan satu gol. Trengginas.

Akan tetapi apakah data di babak grup ini sudah cukup untuk meremehkan Portugal dan secara langsung mengatakan bahwa Belgia akan dengan mudah mengalahkan Selecao das quinas?

Saya pikir tidak semudah itu, bahkan akan dapat menjadi sebuah kekeliruan yang besar apabila data di fase grup itu menjadi acuan dalam laga besar pada pagi nanti, bahkan saya berani mengatakan bahwa Portugal dapat disebut adalah lawan yang dibenci oleh Belgia untuk dihadapi di babak 16 besar.

Saya akan membahas dua hal sebagai alasan untuk pendapat saya ini. Pertama, soal rekor pertemuan antar kedua tim.

Akumulasi data 18 pertemuan kedua tim,  Portugal unggul tipis atas Belgia dengan menang sebanyak 6 kali, berbanding 5 kalah dan sisanya seri. Bahkan, dalam lima pertemuan terakhir, Portugal tak terkalahkan dengan menang 3 kali dan 2 kali menuai hasil imbang.

Alasan di balik rekor baik Portugal dalam lima kali pertemuan ini bagi saya mendorong  alasan berikut yang saya pikir akan menjadi kunci dalam laga antara kedua tim dinihari besok, yakni gaya tim Belgia saat ini memang tak cocok jika berhadapan dengan Portugal.

Maksud saya begini. Pecinta sepak bola agresif kreatif yang diusung oleh Belgia tahu bahwa pelatih Roberto Martinez adalah kreator di balik gaya bermain yang nampak di lapangan.

Martinez mampu mengubah Belgia yang dahulu tampil simpel bahkan terkesan lambat, menjadi tim yang mampu mengalirkan bola secara cepat dan konstan menyerang lawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN