Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Lainnya - Tukang Kayu Setengah Hati

Menikmati Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Apakah Juventus Perlu Menjual Ronaldo?

16 Maret 2021   08:10 Diperbarui: 16 Maret 2021   08:19 168 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cristiano Ronaldo saat merayakan gol pada laga pekan ke-21 Liga Italia yang mempertemukan Juventus vs AS Roma di Stadion Allianz, Sabtu (6/2/2021).(AFP/ ISABELLA BONOTTO)

Christiano Ronaldo baru saja mencetak hattrick bagi Juventus ketika timnya mengalahkan tuan rumah Cagliari, 3-1. Sesudah mencetak gol ketiga, Ronaldo melihat ke kamera, lalu, memberi isyarat dengan meunjuk tangan ke telinganya. Nampaknya, Ronaldo ingin melontarkan protes kepada banyak pihak yang memberikan kritik untuknya setelah Juventus terhempas dari Liga Champions.

Tersingkirnya Juventus dari FC Porto itu membuat banyak yang menanyakan tentang masa depan Ronaldo di Juventus, tak sedikit yang menyarankan bahwa Ronaldo sebaiknya dijual oleh Juventus, pihak ini merasa era Christiano Ronaldo nampaknya sudah mendekati akhir, yang berarti Ronaldo memang tak bisa membawa Juventus juara Liga Champions---tujuan utama Ronaldo diboyong La Vechia Signora.

Pertanyaannya adalah setelah gelontornan tiga gol tersebut, apakah Ronaldo akan dijual oleh Juventus?

Jawabannya masih penuh misteri, meskipun akhir-akhir ini, gosip bahwa klub lama Ronaldo seperti Manchester United dan Real Madrid siap menampungnya, bahkan agen Ronaldo, Jorge Mendes juga kabarnya sedang intens berdiskusi dengan Juventus dan klub peminatnya.

Hanya tetap terbersit ganjalan, bagi Juventus tentunya, karena memang tidak akan mudah menjual Ronaldo yang masih menyisakan satu musim kontrak dengan Juventus.  Paling tidak ada dua alasan atau pertimbangan yang dapat diberikan untuk melihat posisi Juventus saat ini.

Pertama, harga dan gaji seorang Christiano Ronaldo yang sangat mahal.  Jika persoalan ini timbul tanpa intervensi pandemi Covid yang membuat perekonomian secara global menurun drastis, maka akan lain cerita, klub peminat Ronaldo akan banyak mengantri.

Akan tetapi sekarang, maka hanya sedikit klub yang dipercaya bisa menampung Ronaldo dengan sodoran gaji yang sama, senilai 31 juta Euro, dengan kandidat utama klub kaya Prancis, Paris Saint Germain (PSG), bukan MU apalagi Real Madrid, yang harus diakui tidak sekaya jama Los Galacticos lagi.

Hanya ini juga tidak mudah, karena PSG juga menampung para pemain yang masuk dalam daftar pemilik gaji termahal sejagat yakni Kylian Mbappe dan Neymar, jika ingin meminang Ronaldo, maka satu dari dua pemain yang kayaknya akan dipaksa hengkang. Maukah PSG dengan usia produktif Ronaldo yang tidak lama lagi.

Sebenarnya ada satu faktor lain yang menguntungkan bagi klub yang memiliki Ronaldo, yakni marketing mereka yang akan meningkat dan menambah pemasukan dari penjualan jersey, iklan dan lai-lain, hanya keuntungan dari faktor ini di saat pandemi sudah sangat minim, sehingga faktor menjadi lebih banyak minusnya.

Kedua, rencana Juventus bagi Ronaldo, apakah mau dijadikan sebagai tutor bagi pemain muda, atau tidak. Oke, andaikan saja Juventus tidak mendapat pembeli, maka pilihannya adalah Ronaldo akan menghabiskan kontraknya dengan Juventus atau bisa diperpanjang hingga masa pensiun dengan pemotongan gaji tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan