Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu Setengah Hati

Penulis Recehan yang Suka Ngelantur Soal Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Apakah Kehadiran Riza Patria Akan Membuat Suara Anies Tidak Bergetar Lagi?

6 April 2020   18:50 Diperbarui: 6 April 2020   18:44 345 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Kehadiran Riza Patria Akan Membuat Suara Anies Tidak Bergetar Lagi?
Gambar : portalislm

Warga DKI Jakarta akhirnya mendapat Wakil Gubernur. Dalam Rapat Paripurna (Rapur) Pemilihan Wagub yang dilaksanakan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (6/4/2020), wakil dari Gerindra, A Riza Patria terpilih menjadi Wagub DKI.

Dari pemilihan tersebut, Riza Patria unggul telak atas Nurmansjah Lubis dari PKS. Riza menang dengan perolehan suara sebanyak 81. Sedangkan Nurmansjah mendapat perolehan suara 17. Suara tidak sah sebanyak 2 dari 100 orang anggota dewan yang memberi suara.

Bukan saja warga DKI yang harus gembira, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga patut bergembira, setelah 19 bulan menjomblo pasca Sandiaga Uno memutuskan mengikuti Pilpres 2019, akhirnya Anies mendapat pendamping.

Tugas Anies selama ini memang tidak mudah dalam mengatur ibu kota berpenduduk lebih dari 9 juta orang tersebut. Persoalan banjir, macet dan segala kebijakannya tak pernah selesai-selesai, apalagi sekarang ketika Jakarta seperti menjadi episenster penyebaran wabah covid-19 di tanah air.

Akhirnya segala beban itu petjah saat dirinya menyampaikan data mengenai jumlah korban meninggal dunia yang harus dimakamkan sesuai protokol pemulasaran jasad pasien Covid-19 pada 30 Maret lalu. Suara Anies mendadak bergetar seketika.

Ruang politik riuh, sedikit gaduh. Ada apa di balik simbol "suara yang bergetar"  itu. Ada dua pendapat dalam dua kemungkinan yang saling berhadap-hadapan, Anies sedang berbagi beban atau Anies sedang berpolitik. Di dua ruang inilah, kehadiran Riza Patria amatlah vital, dia bisa berkontribusi ke dalam keduanya.

Pertama, jika simbol "suara bergetar"  Anies adalah untuk berbagi beban, kehadiran Riza dipercaya dapat memperingan beban tersebut.

Tugas berat yang kini sudah menanti Riza Patria adalah membantu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menangani pandemi coronavirus (Covid-19) di ibu kota.

Jika harus diurai, tugas itu mulai dari memastikan tenaga medis , infrastruktur rumah sakit termasuk APD harus tersedia di Jakarta dengan memadai. Anies tidak perlu bolak -- balik melakukan konfrensi pers dan mengurus hal-hal ini sendirian dia bisa berbagi dengan Riza.

Selain itu, strategi pelaksanaan jaring pengaman sosial juga sudah menunggu, dari data DKI, ada ratusan ribu orang yang akan mendapat bantuan sosial sebagai dampak dari pandemic Covid-19 di Jakarta. Riza dapat membantu Anies untuk memastikan ini dapat berjalan lancar.

Kedua, jika "suara bergetar" Anis adalah simbol pencitraan dirinya atau bersifat politis, maka kehadiran Riza bisa menjadi antithesis dari simbol-simbol semacam ini. Riza bisa menjadi penyokong namun disaat yang sama bisa menjadi "penjegal".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN