Mohon tunggu...
Arni Aryanti
Arni Aryanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Berusaha mencapai karir impian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

6 Tips Copywriting Instagram untuk Meningkatkan Brand Awareness

21 Desember 2022   23:20 Diperbarui: 21 Desember 2022   23:43 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jobhun bersama Kampus Merdeka membuka kesempatan untuk para mahasiswa di seluruh Indonesia mengikuti program pengembangan diri dengan membuka program Studi Independen Bersertifikat Copywriter Camp. Saya Arni Aryanti mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang berkesempatan untuk mengikuti program ini. 

Pada pelaksanaan program tidak terlepas dari bimbingan mentor Jobhun dan bimbingan dari Dosen prodi Akuntansi UM yaitu Bapak Tomy Rizky Izzalqurny, S.E., M.S.A. CBV, CAP. Melalui kesempatan yang baik in, saya akan membagikan pengetahuan yang telah saya peroleh melalui progam Studi Independen Bersertifikat Copywriter Camp mengenai tips copywriting dengan media Instagram.

Di era yang serba digital dan online seperti sekarang, copywriting menjadi sesuatu yang sangat penting dalam pemasaran. Promosi sebagai kegiatan dalam bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pembeli dan penjual untuk membantu pengambilan keputusan di bidang pemasaran dan memiliki salah satu tujuan yaitu untuk meningkatkan brand awareness. 

Copywriting merupakan salah satu ujung tombak dalam promosi produk sehingga menjadi factor penting untuk meningkatkan penjualan. Selain bisa dituangkan dalam bentuk tulisan, copywriting ini juga bisa diterapkan dalam berbagai pemasaran, seperti pada landing page, postingan media sosial, headline, meta description, hingga iklan berbayar di google atau media sosial. Untuk bisa membuat iklan sosial media yang dan menarik, terdapat 6 tips yang bisa digunakan, yaitu:

1. Lakukan riset terhadap produk/jasa yang ditawarkan, audiens dan target pasar

Ketika ingin membuat copy untuk iklan, memiliki informasi secara mendetail tentang apa yang akan kita tulis adalah yang utama. Riset dilakukan untuk mendapatkan semua informasi dan memahami apa saja yang dibutuhkan. Informasi yang diperlukan sebelum membuat copy diantaranya:

  • Riset produk atau jasa
  • Apa yang benar-benar menonjol dari produk ini?
  • Masalah apa yang dipecahkan produk?
  • Apa saja manfaatnya?
  • Apa persona yang ditampilkan produk ini?
  • Apa cerita dibalik produk ini?
  • Apa unique selling proposition-nya?
  • Riset terhadap target audiend
  • Siapa target audiens Anda?
  • Apa keinginan "tersembunyi" audiens target?"
  • Apa pesan yang ingin disampaikan kepada audiens?
  • Masalah apa yang dipecahkan produk Anda untuk mereka?
  • Riset terhadap target pasar
  • Apa yang sedang tren di industry?
  • Siapa pesaing terdekat?
  • Di mana target audiens anda?
  • Platform mana yang memenuhi tujuan?


2. Buat greeting yang menarik dan relatable

Diawali dengan sapaan yang memberikan kesan dekat dengan audiens bisa dengan kata yang sedang tren ataupun dengan kata-kata yang unik namun tetap menarik dan sesuai dengan target audiens. Audiens lebih suka menggunakan produk atau layanan yang relatable dan memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka, sehingga bisa memanfaatkan emosi audiens agar memperbesar kesempatan untuk menggugah lebih banyak orang. Lebih banyak orang berarti lebih banyak calon pelanggan.

3. Konten variatif

Konten di media sosial tidak hanya memuat katalog produk/layanan yang ditawarkan, namun bisa dengan memanfaatkan fitur-fitur baru yang tersedia seperti pooling sehingga bisa lebih interaktif dengan audiens. Sangat penting untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru seperti konten styling atau tips and trick supaya konten yang ada tidak monoton itu-itu saja.

4. Tawarkan manfaat dengan menceritakan kelebihan produk/jasa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun