Mohon tunggu...
Ariyani Na
Ariyani Na Mohon Tunggu... Wiraswasta - ibu rumah tangga

Hidup tidak selalu harus sesuai dengan yang kita inginkan ... Follow me on twitter : @Ariyani12

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Dari Rumah Sakit hingga Surga Tersembunyi di Sulawesi Selatan

28 Juni 2018   14:01 Diperbarui: 28 Juni 2018   15:39 2043
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rumah Adat Masyarakat Toraja - Dokumentasi Pribadi

Perjalanan saya di Sulawesi Selatan mungkin menjadi perjalanan yang tidak akan terlupakan, karena dari sekian banyak perjalanan wisata, di provinsi inilah saya terpaksa harus masuk  UGD di salah satu rumah sakit di Rantepao,Toraja Utara.

Goa Londa - Dokumentasi Pribadi
Goa Londa - Dokumentasi Pribadi
Dalam kondisi yang kurang fit, saya menempuh perjalanan cukup panjang dari Makassar menuju Toraja dengan menggunakan bus, kemudian berkunjung ke Londa, sebuah kompleks wisata pemakaman yang berupa goa dan tebing.  

Untuk masuk ke lokasi area goa, kami harus berjalan kaki dan jalanan saat itu cukup rusak dan becek sehingga butuh energi lebih banyak untuk mencapai lokasi goa. Untuk memasuki goa yang gelap dan pengap karena jumlah kami yang cukup banyak didalam, kami hanya dipandu dengan sebuah petromaks yang dibawa oleh pemandu wisata.

Jalan yang becek dan licin (dokumentasi pribadi)
Jalan yang becek dan licin (dokumentasi pribadi)
Keluar dari Londa, kami diajak mencicipi kopi asli Toraja dan kemudian makan malam, dan saat makan makan malam itulah tiba-tiba dada saya terasa nyeri dan sesak, sehingga kemudian dengan menggunakan bentor (becak motor) saya dibawa ke rumah sakit terdekat.

Malam itu ruang UGD rumah sakit penuh dengan pasien, hampir semua tempat tidur yang ada di ruangan terisi pasien, perawat terlihat sibuk mengurus pasien-pasien tersebut dan hanya ada satu dokter disana, yang juga sedang sibuk melayani pasien.

Dokter satu-satunya itu kemudian menghampiri dan memeriksa kondisi saya, dan saya pun bercerita mengenai riwayat kesehatan dan kejadian hingga saya mengalami kondisi seperti diatas.

capture status FB
capture status FB
Seperti yang saya ceritakan di status Facebook, saya beruntung ditangani dokter yang andal, meskipun ada beberapa obat yang harus dibeli di luar karena tidak tersedia di rumah sakit, tetapi malam itu kondisi saya segera membaik dan bisa kembali ke hotel (Semoga Gubernur baru terpilih dapat memperhatikan kondisi-kondisi rumah sakit daerah ini agar fasilitas dan ketersediaan obat lebih lengkap dan terjamin). Karena kondisi saya itu, maka saya pun tidak dapat ikut melihat sunrise negeri di awan *nangisdihotelsendirian.

Desa Wisata hingga Surga Tersembunyi

Salah Satu Tangkonan di Kete Kesu - dokumentasi pribadi
Salah Satu Tangkonan di Kete Kesu - dokumentasi pribadi
Sulawesi Selatan memiliki objek wisata yang sangat lengkap, dari wisata budaya, adat istiadat hingga wisata alam yang menakjubkan. Untuk mengenal adat istiadat, kami diajak ke Kete Kesu, sebuah desa wisata yang terdapat deretan rumah adat masyarakat Toraja yaitu Tangkonan dan lumbung. 

Di sana kami dijelaskan  jenis-jenis rumah adat  khas berikut strata sosial  yang berlaku di masyarakat Toraja.

Gunung Nona atau Erotic Mountain - dokumentasi pribadi
Gunung Nona atau Erotic Mountain - dokumentasi pribadi
Dalam perjalanan dari Makassar menuju Tana Toraja, kita akan disajikan pemandangan indah, antara lain gunung yang tampak berwarna hijau, yang bernama Gunung Nona atau dikenal juga Erotic Mountain, karena bentuknya dianggap mirip dengan kelamin wanita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun