Mohon tunggu...
Arita Muhlisa
Arita Muhlisa Mohon Tunggu... Volunteer -

i am Volunteer

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jangan Lupakan Tawa

5 September 2016   14:47 Diperbarui: 10 September 2016   08:57 115 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sakit itu mahal dan sungguh sangat tidak enak, bagi yang sakit juga bagi orang sekitarnya.

Sudah sejak beberapa tahun yang lalu, bapak sakit. Sakitnya pun bermacam-macam tidak hanya satu macam penyakit, mulai dari sakit kepala, sakit gigi, sakit kulit, alergi, hingga komplikasi penyakit yang lumayan berat. Hampir tiap minggu saya selalu menemani bapak memeriksa kesehatannya di klinik dokter praktek. baru juga sembuh beberapa saat sudah datang lagi penyakit yang lainnya. Memang sih, biaya yang dikeluarkan untuk ke dokter cukup mahal apalagi waktu itu belum ada program Jaminan Kesehatan dari Pemerintah. Tapi kami tetap berupaya agar bapak bisa sehat kembali, seperti waktu muda-muda dulu. 

Setiap kali ke dokter, saya selalu diingatkan agar bisa menjaga dengan baik pola makan bapak, waktu istirahat yang cukup, dan jangan sampai bapak stress. Iya, saya lumayan heran juga, koq sakit-sakitnya bapak bisa sih berhubungan dengan stress. karena memang benar tiap kali ke dokter, selalu saja kalimat jitu terakhir yang digunakan oleh dokter adalah "bapak terlalu banyak pikiran, stress, hingga tidak suka makan dan susah tidur". Bapak saya itu memang orang yang sangat serius, taat pada Agama, dan nggak suka neko-neko.

Hanya saja ada satu hal yang sering dipikirkan beliau, yaitu anak laki-lakinya yang tumbuh menjadi anak yang tidak sesuai dengan harapan bapak (menurut beliau). Bapak jadi beranggapan bahwa semua itu kesalahannya dan ibu sehingga tidak bisa mendidik putranya menjadi yang diharapkan. Pertengkaran sering terjadi antara Bapak & ibu. Bapak jadi sakit-sakitan sampai pada akhirnya, harus sering berkonsultasi dengan psikiater. jangankan untuk menjaga pola hidup sehat, untu shalat pun kadang beliau suka lupa. Dan yang paling sedihnya, beliau tidak lagi tertawa, seakan sudah melupakan tawa. Saya sering membuat banyolan agar beliau bisa tertawa, tapi hanya senyum ringan yang beliau berikan, Tertawalah pak, karena tertawa itu sehat, tertawa bisa mendatangkan bahagia, bahagia karena sehat.

Pada dasarnya kesehatan itu sangat penting, bagi yang sudah tua apalagi anak muda. nggak mau dong jadi anak muda yang sakit-sakitan? Nah, lebih lagi di zaman modern seperti sekarang ini. Banyak dari kita yang sudah tau bahwa pola hidup sehat yang perlu diperhatikan adalah pola makan, olahraga, istirahat dan gaya hidup sehat. zaman sudah modern semua hal menjadi lebih instan dan praktis. Maka tak mengherankan kita yang hidup di era modern lebih mudah dan rentan terkena penyakit. karena mulai dari makan makanan siap saji, doyan gorengan, malas minum air putih, dan banyak waktu yang disia-siakan hanya untuk bercumbu dengan " si Gadget". 

Bukan sok ngerti, tapi pengen bagiin tips sederhana buat kita semua yang mau menerapkan gaya hidup sehat di era modern ini, antara lain:

1. Cukupi waktu tidur malam. Jangan lagi menonton televisi hingga larut malam, karena acara di televisi itu tidak akan habis sementara tenaga kita akan habis kalu tidak segera beristirahat tidur. Jadi, matikan Televisi dan tidurlah.

2. Banyak minum air putih. Walaupun udah banyak minuman dengan merk merk terkenal yang beredar bahkan nyaris mengganti peran air putih, namun sempatkanlah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih.

3. Wajib berolahraga. Sok sibuk yang nggak ada habisnya, bisa bikin kita lupa untuk menyempatkan sedikit waktu buat berolahraga. lakukan olahraga yang menyenangkan dengan teman teman, seperti zumba yg lagi modern nih. 

4. Nah, ini sangat susah dilakukan, pasti. Batasi penggunaan gadget, tinggalkanlah si gadget beberapa saat dan lakukan hal-hal penting yang sering kita tinggalkan demi si gadget, seperti ibadah, dan berkumpul dengan keluarga.

5. Terapkan pola makan sehat dan seimbang. semua udah pada tau kan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan