Mohon tunggu...
Arip Nurahman
Arip Nurahman Mohon Tunggu... Pengejar ilmu

Menulis dengan sepenuh hati

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Hari Pahlawan, Kemensos Silaturahmi kepada Pahlawan Perintis Kemerdekaan

23 November 2020   02:51 Diperbarui: 23 November 2020   03:02 16 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Pahlawan, Kemensos Silaturahmi kepada Pahlawan Perintis Kemerdekaan
sumber: kemsos.go.id

Tulisan ini merupakan asli tulisan saya sendiri dan sudah dimuat di beberapa media nasional. Saya bersaksi tulisan ini bukanlah plagiat dan saya siap mempertanggungjawabkanya. 

Jakarta - Kementerian Sosial yang diwakili Sekretaris Jenderal Hartono Laras melaksanakan kegiatan Angjangsana atau silaturahmi Kepahlawanan kepada Perintis Kemerdekaan KRMH Soerjowirjohadipoetro dikediamannya di Jakarta Selatan.

"Hari ini kami mewakili Kementerian Sosial melakukan silaturahmi ke rumah salah seorang perintis kemerdekaan yang tadi sudah kita saksikan bersama usianya sudah 103 bahkan 104 tahun," ujar Hartono Laras, Selasa (10/11/2020).

Banyak pelajaran berharga yang didapat dari para pejuang bagi generasi saat ini dalam mengisi kemerdekaan. Oleh karena itu, Hartono mengharapkan bahwa tidak hanya pada 10 November untuk mengenang, memberikan penghargaan, menanamkan nilai-nilai semangat kepahlawanan. Tapi, diharapkan sepanjang masa.

"Jadi kita tidak hanya berhenti di 10 November, kita akan terus kita transformasi karena tugas-tugas kita berat sekali. Kita harus tetap menghadapi pandemi Covid, memulihkan ekonomi, kemudian meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka, tema dari hari pahlawan ini sangat tepat 'Pahlawanku Sepanjang Masa'," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Hartono terlihat menyerahkan cinderamata tali asih kepada salah seorang perintis kemerdekaan yang disambanginya tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa dalam memperingati hari pahlawan, pemerintah memberikan tunjangan penghormatan terhadap perintis kemerdekaan dan keluarga pahlawan nasional.

"Negara juga setiap tahun setiap bulan juga memberikan tunjangan penghargaan kepada perintis kemerdekaan dan juga keluarga pahlawan nasional," pungkasnya.

Diketahui, pada tahun 2020 ini pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan tunjangan kehormatan kepada 587 orang yang telah berjasa besar memperjuangkan kemerdekaan. 

"Sesuai peraturan yang ada, Kementerian Sosial memberikan tunjangan kehormatan kepada mereka yang dinilai memiliki kontribusi besar terhadap kemerdekaan bangsa ini. Tunjangan ini sebagai bentuk penghargaan negara atas jasa dan pengorbanan mereka kepada nusa dan bangsa," kata Mensos Juliari P Batubara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN