Mohon tunggu...
Qurota Ayun
Qurota Ayun Mohon Tunggu... -

.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hakikat Momentum 17 Agustus

11 Agustus 2019   19:10 Diperbarui: 11 Agustus 2019   19:16 69 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hakikat Momentum 17 Agustus
cermati.com

Peringatan 17 Agustus menjadi agenda nasional bagi warga negara Indonesia. Pasalnya hampir 74 tahun yang lalu akhirnya Indonesia mengukir sejarah indah dengan terbebasnya belenggu penjajah. 

Kurang lebih satu minggu lagi, Indonesia akan menemui kembali hari lahirnya kemerdekaan. Tepat 17 Agustus nanti seolah kita akan bernostalgia tentang bagaimana sejarah panjang bangsa Indonesia dalam merebutkan kemerdekaan dengan banyak perjuangan dan pengorbanan. Namun, apa hakikat sebenarnya dari momen 17 Agustus ini?

Alih-alih bercerita betapa hebatnya para pejuang meraih kemerdekaan, kita sebagai penerus bangsa janganlah terus-terus berbangga diri dan mulai memaknai kemerdekaan ke arah yang lebih baik. 

Penanaman rasa patriotisme dan nasionalisme sangat penting untuk masa sekarang. Karena telah kita ketahui bersama penjajahan dimasa sekarang lebih sulit dari masa lalu, karena penjajahan sekarang tidak lagi memakai serangan fisik melainkan terfokus pada pola pikir dan tindakan yang dipengaruhi oleh budaya global sehingga rentan dengan perubahan sikap yang jauh dari nilai-nilai bangsa. 

Tak perlu disebutkan, sifat konsumtif dan individualis yang semakin meningkat dan mulai lunturnya sikap luhur karna masa sekarang merasa pengetahuan lebih penting ketimbang sikap itu sendiri. Penjajahan semacam inilah yang lebih berbahaya daripada penjajahan saat merebut kemerdekaan.

Peringatan 17 Agustus bukan hanya peringatan dalam bentuk seremonial saja, namun bagaimana kita mampu memaknai arti sesungguhnya dari kemerdekaan itu sendiri sebagai wujud melanjutkan kemerdekaan yang telah kita raih di masa lalu, seperti memiliki semangat baru serta mampu mengembangkan kemampuan yang kita miliki, melakukan inovasi dan revolusi sebagai wujud kontribusi mengubah kondisi bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Yang tidak kalah penting, hakekat dalam peringatan 17 Agustus nanti, patutlah kita bersama-sama  menghidupkan kembali nilai-nilai budaya, toleransi dan persatuan sehingga sedikit demi sedikit akan membawa perubahan mendasar terhadap perbaikan dan kemajuan bangsa Indonesia nanti di masa depan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x