Mohon tunggu...
Arimbi Nursyfa
Arimbi Nursyfa Mohon Tunggu... Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa keperawatan Universitas Airlangga. Saya ber MBTI ISFJ-A dan memiliki hobi membaca.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menganalis Kualitas Pendidikan Bahasa Inggris di Tingkat Sekolah Dasar Pemberdayaan Mutu Bahasa Inggris dan Penguatan Dasar di MI Kebonrandu

27 September 2025   17:00 Diperbarui: 25 September 2025   17:02 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hasil Survei Minat Bahasa Inggris

I.Latar Belakang

Di masa sekarang kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk berbagai pekerjaan di berbagai bidang. Karena permintaan untuk pekerja dengan kemampuan berbahasa inggris datang dari berbagai bidang, maka dapat disimpulkan bahwa memiliki kemampuan berbahasa Inggris dapat membuka peluang kita untuk bekerja di berbagai pekerjaan. Untuk itu, kemampuan berbahasa Inggris haruslah dibina dengan serius.

Pembinaan kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia sendiri telah dilakukan dalam kurun waktu yang cukup lama. Bahasa Inggris telah diajarkan di sekolah sejak dulu dan telah membantu banyak siswa untuk bisa memahami tulisan atau ucapan bahasa Inggris. Namun, masih banyak orang yang belum bisa memahami bahasa Inggris dengan baik. Alasannya karena sebagian orang memang kurang tertarik mempelajarinya atau tidak tahu bagaimana cara memperbanyak kosa kata bahasa Inggris. Karenanya, alangkah baiknya selain mempelajari struktur kalimat dalam bahasa Inggris seperti yang dipelajari di sekolah, kita juga perlu untuk menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan memberikan beberapa tips bagaimana cara untuk memperbanyak kosa kata agar dapat membantu memahami bahasa Inggris lebih lanjut sejak anak duduk di jenjangSekolah Dasar agar dapat menanamkan ketertarikan untuk belajar berbahasa Inggris sedini mungkin. Hal tersebut berkaitan dengan penguatan dasar bahasa yang memang selalu berpusat pada penguasaan kosa kata dari bahasa itu sendiri.

Karena hal yang telah disebutkan di atas, kami selaku siswa dan siswi kelas 12 di SMAN 1 Cibadak menggunakan kesempatan yang telah diberikan oleh guru kami yaitu Ibu Annisa Fadillah, B.Ed. pada mata pelajaran Sosiologi untuk melakukan pemberdayaan mutu bahasa inggris di salah satu Sekolah Dasar di daerah kami. Sekolah yang dimaksud adalah MI Kebonrandu yang beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan No.130, Cibadak, Kec. Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tentunya sekolah ini kami pilih setelah melalui tahap observasi terlebih dahulu.

II.Tujuan Pemberdayaan

1.Menganalisis minat dan kemampuan dasar siswa.

2.Menarik minat siswa pada mata pembelajaran bahasa inggris melalui metode pembelajaran yang menarik.

3.Menganalisis antusiasme siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar bahasa inggris.

4.Mengumpulkan data rujukan untuk rencana tindak lanjut oleh pihak lain.

III.Landasan Teori

Dalam Prosiding Sendimas VII Tahun 2022 disebutkan bahwa, pada tanggal 17 Januari 2022 diadakan pertemuan dengan Direktur Akademik dan para kepala sekolah SD, SMP, dan SMA. Pertemuan ini diadakan untuk memperjelas maksud dan tujuan penetapan standar internasional kemampuan Bahasa Inggris. Pihak sekolah menginginkan adanya standar yang dapat diukur dan berlaku secara internasional. Hal ini diperlukan untuk menjadi satu bentuk pertanggungjawaban pihak sekolah dalam rangka peningkatan kualitas kemampuan berbahasa Inggris para siswanya, mulai dari jenjang SD, SMP, sampai dengan SMA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun