Mohon tunggu...
Ari Kristanto
Ari Kristanto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wirausaha

Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kasus SD YIS: Ketika Pihak Orang Tua Siswa Tak Memahami Perkara, Jadinya Membabi Buta

3 Juli 2021   09:01 Diperbarui: 3 Juli 2021   09:28 444
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kalau saya menyekolahkan anak saya di sebuah sekolah termahal di kota kami tinggal, tentunya saya akan memperhatikan seluruh hal yang diimplementasikan sekolah atas kurikulum dan kegiatan belajar mengajarnya. Setiap orangtua memiliki hak untuk menentukan satuan Pendidikan yang terbaik mana yang cocok untuk perkembangan inteletual dan akademis anak. Terlebih lagi kalau saya menyekolahkan anak pada sekolah yang uang SPP bulanannya sampai mencapai belasan juta rupiah. Ibarat kata, saya tidak akan pernah mengedipkan mata untuk memperhatikan apa-apa yang menjadi hak anak dan orangtua, karena saya telah memenuhi kewajiban saya, yaitu membayar uang SPP.

Apa yang menjadi hak orangtua siswa di semua sekolah yang ada di Indonesia, baik itu sekolah negeri maupun sekolah swasta, terlebih lagi sekolah mahal bertaraf internasional?

1.     Hak untuk mendapatkan rincian biaya yang dibebankan

2.     Hak untuk dilibatkan dalam menentukan uang sekolah yang dibebankan

3.     Hak untuk mengawasi pengelolaan sekolah

4.     Hak untuk mendapatkan laporan perkembangan Pendidikan anak

5.     Hak untuk mendapatkan ijazah

6.     Hak untuk mendapatkan laporan pertanggungjawaban dari pungutan atau iuran di luar uang sekolah

7.     Hak untuk Bersama-sama dengan sekolah menentukan kebijakan sekolah

8.     Hak untuk mengetahui kualifikasi dari tenaga pendidik (guru)

9.     Hak untuk mengetahui fasilitas yang dimiliki sekolah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun