Mohon tunggu...
Ceritaramlan

Hal-Hal yang Bikin Kangen di Bulan Ramadan

12 Juni 2018   22:53 Diperbarui: 12 Juni 2018   23:09 0 0 0 Mohon Tunggu...
Hal-Hal yang Bikin Kangen di Bulan Ramadan
Credit Image: Pixabay.com

Ramadhan tinggal menghitung hari. Dengan kata lain, hari raya Idul Fitri akan segera tiba. Namun, tak semua orang merasa bahagia, karena mau tak mau Ramadhan sudah pergi meninggalkan. Segala doa terucapa agar masih diberi kesempatan untuk kembali bertemu Ramadhan di tahun selanjutnya.

Ya, Ramadhan memang selalu membuat rindu. Bagi saya pribadi, banyak alasan kenapa kita harus merindukan Ramadhan. Terlepas dari kesucian bulan Ramadhan dan istimewanya bulan ini, memang ada semacam dampak baik secara personal maupun sosial kemasyarakatan dengan hadirnya bulan ini.

Ramadhan memang bulan yang spesial karena di bulan ini terbukalah pintu langit dan diturunkannya banyak keberkahan dan ampunan. Pintu surga terbuka lebar dan pintu neraka di tutup rapat rapat. Setan dibelenggu dan banyak sekali obral pahala dan kebaikan. Sehingga banyak orang yang merindukannya, dan bahkan berharap setiap bulan adalah Ramadhan.

Nah, disamping istimewa karena merupakan bulan penuh berkah, ada pula momen momen Ramadhan yang juga begitu kangenable.

Hanya di Ramadhan, orang bangun rame-rame di malam hari

Yah. Hanua di Ramadhan, semua orang kompak bangun di jam-jam yang mana sebenarnya sedang asyik-asyiknya tidur. Semua bangun untuk santap sahur. Terlebih di hari pertama puasa, suasana sahurnya begitu khas dan kangenable.

Orang-orang berlalu lalang, saling membangunkan satu sama lain, makan dan bercengkarama bersama. Bisa dikatakan hanya di Ramadhan, terutama awal Ramadhan orang-orang bisa melakukannya di waktu malam. Karenq semakin ke sini akan semakin berkurang. Ada yang tidak sahur, ada yang sahur sebentar lalu tidur lagi dan bahkan ada yang tidak puasa.

Gemuruh suara orang-orang yang berkeliling kampung sambil memukul kentongan menghembus keheningan malam. Sangat khas Ramadhan sekali, karena jelas tidak ditemukan di waktu lain. Bahkan di puasa Senin Kamis, tak ada orang yang berkeliling seperti demikian.

Hanya di Ramadhan Takjil Gratis Bertebaran Seantero Kota

Ini merupakan salah satu istimewanya Ramadhan. Di tempat tinggal saya saat ini yaitu di Kota Yogyakarta, sangat mudah sekali menemukan takjil gratis. Tinggal mencari masjid terdekat, Insyaa Allah menyediakan menu berbuka secara cuma cuma. Bagi anak kos tentu ini akan sangat membantu dan pasti dirindukan. Tentu saya pun juga begitu. Karena hanya bisa ditemui di bulan Ramadhan saja, tidak ada di bulan yang lain.

Bahkan akan mudah ditemui juga di jalanan banyak orang-orang berbagi makanan kecil bagi para pengguna jalan yang kebetulan masih dalam perjalanan di waktu menjelang maghrib. Tidak ada yang dibedak-bedakan. Semua sama dan saling menebar senyum kebaikan satu sama lain. Begitu indah bukan saling berbagi itu?  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2