Mengingat keanekaragaman masyarakat Indonesia, paradigma keilmuan di Indonesia harus mencari jalan atau karakternya sendiri. Membangun tradisi keilmuan yang setia pada kenyataan hidup masyarakat Indonesia perlu ditekankan. Oleh karenanya perguruan tinggi selain memberikan fungsi pendidikan bagi mahasiswanya juga harus membantu menyelesaikan problem masyarakat demi peradaban mereka yang lebih baik. Dapat dikatakan bahwa Ilmu tanpa praktek itu kosong, praktek tanpa ilmu itu kerdil.Â
Dalam sejarah pendidikan tinggi di Indonesia, gagasan integral terkait dengan pengabdian pada masyarakat desa bukan hal baru. Pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) yang dirintis pelaksanaaanya sejak tahun akademik 1971/1972 di beberapa perguruan tinggi, kini telah dicoba pelaksanaannya oleh hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
KKN bagi mahasiswa pertama-tama justru bukan pada program yang dilakukan, namun juga terbentuknya pengalaman dan ikatan batin mahasiswa pada masyarakat. Sangat berbahaya kalau mahasiswa yang merupakan calon pemimpin masa depan malah tidak mengenal rakyatnya. Memang mereka tidak harus kembali ke desa, mereka bisa jadi apa saja, tapi tetap harus memiliki orientasi pedesaan. Pentingnya orientasi pedesaan semata-mata karena fakta bahwa 80 persen wilayah Indonesia merupakan wilayah perdesaan.Â
Di sisi lain Sivitas akademik mesti secara sungguh-sungguh berguru pada rakyat yang justru terbukti memiliki daya tahan dan daya juang paling tangguh dalam sejarah Indonesia. KKN dilaksanakan guna meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan masyarakat, dengan tujuan memberi pendidikan pelengkap bagi mahasiswa sekaligus membantu masyarakat melancarkan pembangunan di lokasi KKN dilaksanakan. Bagi mahasiswa peserta, KKN seharusnya dirasakan sebagai pengalaman belajar, suatu pengalaman belajar yang tidak dapat diperoleh di dalam kampus.Â
Bagi mahasiswa peserta, KKN seharusnya dirasakan sebagai pengalaman belajar, suatu pengalaman belajar yang tidak dapat diperoleh di dalam kampus. Dengan mengikuti KKN mahasiswa seharusnya memiliki pengetahuan baru, perasaan baru, kemampuan baru, dan kesadaran baru tentang problem dan bagaimana memecahkan yang dihadapi masyarakat bangsanya, tentang tanah airnya dan tentang bagaimana seharusnya dirinya berperan lebih jauhsala
Tujuan Kegiatan KKN
1. Agar mahasiswa mendapatkan nilai di mata kuliah KKN.Â
2. Meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai hubungan antara teori dan penerapannya sehingga dapat memberikan bekal bagi mahasiswa untuk terjun ke masyarakat.Â
3. Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa.Â